Pesan Adhy Karyono saat Pembaretan 1.150 Siswa SMAN Taruna Jatim di Lanud Iswahjudi

Pesan Adhy Karyono saat Pembaretan 1.150 Siswa SMAN Taruna Jatim di Lanud Iswahjudi Pj Gubernur Jatim saat prosesi pembaretan pada siswa-siswi di Lanud Iswahjudi, Magetan.

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, melakukan pembaretan kepada 1.150 siswa siswi SMAN Taruna Jatim Tahun Ajaran 2024-2025 di Lanud Iswahjudi, Magetan, pada hari ini, Selasa (15/10/2024).

Prosesi pembaretan pada siswa-siswi SMAN Taruna Nala, SMAN 3 Taruna Angkasa, SMAN Taruna Bhayangkara. SMAN 5 Taruna Brawijaya, serta SMAN Taruna Madani kali ini diawali dengan penyiraman air bunga oleh Pj Gubernur Jatim.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Bank Jatim Trade Connect Summit 2024 Antarkan UMKM Naik Kelas

Yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelepasan topi rimba, kemudian pemasangan baret kepada perwakilan taruna-taruni. Tak hanya itu, para taruna-taruni se-Jatim juga membacakan ikrar SMA Taruna Jawa Timur dalam rangka melengkapi prosesi sakral.

Adhy mengatakan, pembaretan ini menjadi awal dari perjalanan yang penuh semangat, tantangan dan prestasi yang membanggakan. Tidak hanya itu, pembaretan ini menjadi momentum dalam pembinaan mental spiritual untuk mencetak SDM unggul menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Di SMAN Taruna di Jatim ini, para siswa siswi digembleng untuk menjadi generasi yang disiplin, berintegritas, agar kelak menjadi pemimpin yang berprestasi, termasuk secara akademik,” ujarnya.

Baca Juga: Festival Tanean Lanjhang ke-10 Dijadwalkan Bulan ini, Pemkab Pamekasan Hadirkan Pj Gubernur Jatim

Mengantisipasi adanya kekerasan atau tindak bullying selama pendidikan, ia menegaskan bahwa tidak ada perilaku kekerasan selama pendidikan di tingkat SMA Taruna ini. Komitmen tersebut, dijabarkan melalui ikrar yang dibacakan siswa.

“Kami melarang keras hal hal yang tidak diinginkan seperti tindak kekerasan hingga adanya pem-bullying-an. Semoga SMA Negeri Taruna di Jatim terus menjadi institusi yang melahirkan generasi generasi unggul, berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara," harapnya.

Baca Juga: Semangat Dongkrak SDM di HUT ke-79, Pemprov Jatim Beri Beasiswa untuk 5.683 Santri dan Guru Diniyah

Menurut dia, tantangan di masa depan lebih kompleks dimana perkembangan teknologi telah mampu mengubah tata dunia baru yang berbasis teknologi informasi dan Artificial Intelligence (AI). Untuk itu, persiapkan diri dengan serius dengan budayakan berpikir kritis, inovatif, kreatif, kolaboratif namun tetap beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia.

Adhy berpesan, pembaretan bersama ini bukan sekedar momentum penanda sakral diterimanya sebagai Taruna-Taruni di sekolah. Namun, sebagai bukti komitmen serta tugas dan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan masa depan.

"Setelah tiga bulan menjalankan masa basis di sekolah/kesatrian masing masing tentu banyak hal yang diperoleh. Akan tetapi yang kami tekankan adalah munculnya karakter yang kuat, jiwa kepemimpinan, solidaritas, kedisiplinan, tanggung jawab, kemandirian serta religiusitas," paparnya.

Baca Juga: Pemkab Gresik Raih Penghargaan Peringkat Pertama Capaian Investasi di Jawa Timur

Di sisi lain, Pj Gubernur Jatim juga mengajak seluruh siswa menjunjung tinggi nilai nilai kebangsaan, integritas dan kejujuran dalam setiap menjalankan tugas. Serta jagalah persatuan dan kesatuan, bangunlah persaudaraan dan kekeluargaan hingga hindarilah penggunaan kekerasan dalam setiap penyelesaian masalah.

Pada acara ini turut diserahkan Piala Juara Umum OSN Tingkat Nasional oleh Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Aries Agung Paewai, kepada Pj Gubernur Jawa Timur. Kegiatan juga dihadiri sejumlah pejabat terkait yang terlibat. (dev/dro/mar)

Baca Juga: Membaur Bersama Ribuan Masyarakat di Jatim Phoria 2024, Adhy Karyono Ucapkan Terima Kasih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO