Sapa Masyarakat, Mbak Cicha Perkuat Visi Misi Dhito-Dewi Kembangkan UMKM

Sapa Masyarakat, Mbak Cicha Perkuat Visi Misi Dhito-Dewi Kembangkan UMKM Istri calon Bupati Kediri nomor urut 02, Eriani Annisa Hanindhito, saat menyalami ibu-ibu. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Eriani Annisa Hanindhito atau yang akrab disapa Mbak Cicha, turun ke bawah menyapa ratusan pelaku se-Kecamatan Ringinrejo, Senin (14/10/2024) siang. Ia adalah istri calon Bupati Kediri nomor urut 02, Hanindhito Himawan Pramana.

Pertemuan yang dilakukannya itu dalam rangka memperkuat visi dan misi paslon Dhito-Dewi dalam mengusung program berkelanjutan. Adapun dari 17 program yang diusung salah satunya terkait pengembangan .

Baca Juga: Kunjungi Penderita Stroke, Bunda Fey Pastikan Layanan Kesehatan Jadi Prioritas

Perwakilan Paguyuban Ringinrejo Asri, Mohammad Sodiq, mengakui kemajuan sektor saat kepemimpinan -Mbak Dewi selama 3,5 tahun.

“Selama ini saya melihat perhatian terhadap pelaku sangat intens,” kata pelaku yang terfokus pada olahan tahu ini.

Perhatian di sektor dirasakan betul olehnya. Ia menceritakan, baru pertama kali ini mendapat bantuan sejak merintis usaha 14 tahun silam, tepatnya bantuan dana hibah Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Jatim yang disalurkan melalui Pemkab Kediri.

Baca Juga: Panen Doa dan Dukungan di Pasar PPI Krembangan, Khofifah Optimis Menang Tebal di Surabaya

Pada saat itu, pemberian dana hibah yang bersifat stimulus tersebut sangat membantu dalam pengembangan usaha milik Sodiq. Yakni, untuk membeli alat pengolahan produk tahu kuning, tahu putih, tahu bulat, stick tahu, hingga alat pengemas produk.

“Saya baru pertama ini memperoleh bantuan senilai Rp10 juta yang saya pergunakan untuk pembelian alat,” ungkapnya.

Usai memperoleh suntikan dana, Sodiq menyebut produk olahan khususnya tahu kuning miliknya telah berhasil menembus pasar internasional. Diakui, produk tahu kuning kini menjadi produk olahan favorit di nya.

Baca Juga: KPU Kota Blitar Mulai Sortir dan Lipat Surat Suara Pilkada 2024

“Alhamdulillah produk tahu kuning itu kita ekspor ke Hongkong,” pinta Sodiq.

Hal senada disampaikan oleh Ririn, seorang pelaku dari Kecamatan Ringinrejo. Ririn menuturkan, program bantuan yang ia terima adalah continuous sealer atau mesin pengemas plastik semi otomatis. Menurutnya, bantuan alat tersebut berdampak dalam mempermudah mengemas produk.

“Program bantuan dari sangat membantu bagi teman-teman pelaku ,” tutur Ririn, yang juga menjadi pengurus bagi 20 paguyuban di Kabupaten Kediri.

Baca Juga: Kampanye Dhito di Kanigoro Disambut Antusiasme Emak-emak

Menanggapi hal itu, Mbak Cicha menegaskan, program yang dijalankan -Mbak Dewi di periode pertama merupakan bentuk perhatian terhadap pelaku di Kabupaten Kediri.

Tidak hanya berbentuk program bantuan alat, namun juga memberikan berbagai program baik sosialisasi maupun pelatihan untuk meningkatkan pembekalan di sektor .

“Apa yang dijalankan Mbak Dewi semata hanya untuk menjalankan mandat, menjalankan tugas, hanya untuk satu tujuan yaitu menjadikan warga kabupaten kediri lebih sejahtera,” tegasnya.

Baca Juga: Adhy Karyono Optimistis Bank Jatim Trade Connect Summit 2024 Antarkan UMKM Naik Kelas

Selain itu, lanjut Mbak Cicha, pihaknya mengapresiasi kegigihan para pelaku dalam mengembangkan usahanya. Termasuk kesediaannya mengikuti paguyuban yang merupakan mitra pemerintah.(uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO