PT KAI Daop 7 Terapkan Face Recognition untuk Boarding Tiket saat Naik KA

PT KAI Daop 7 Terapkan Face Recognition untuk Boarding Tiket saat Naik KA Penerapan face recognition saat boarding pass di stasiun Madiun

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - memberikan layanan berupa penerapan teknologi untuk boarding tiket saat keberangkatan menggunakan Kereta Api

Dengan penggunaan teknologi , mengurangi penggunaan tiket fisik berbahan kertas yang selama ini digunakan sebagai syarat masuk ke area boarding.

Baca Juga: Satpol PP Magetan dan Bea Cukai Madiun Berhasil Amankan 37.648 Batang Rokok Tanpa Cukai

Sebagai gantinya, penumpang cukup melakukan pemindaian wajah di gerbang boarding, yang secara otomatis terhubung dengan data tiket elektronik mereka.

Hal ini disampaikan oleh Manager Humas , Kuswardojo bahwa teknologi ini selain mengurangi penggunaan kertas juga mempermudah pelanggan serta mendukung Sustainable Development Goals (SDGs).

“Penerapan ini tidak hanya memudahkan penumpang, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan. Dengan berkurangnya penggunaan kertas, kami turut serta dalam upaya mengurangi limbah dan mendukung target SDGs, khususnya terkait dengan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan," kata dia.

Baca Juga: Masyarakat Kabupaten Madiun Antusias Sambut Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Hingga bulan September tahun ini sebanyak 40% dari 559.001 pelanggan telah menggunakan teknologi ini di Stasiun . Dan terus menghimbau kepada pelanggan untuk beralih ke teknologi ini.

Bagi pelanggan yang ingin menggunakan teknologi , pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi . Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mendaftarkan wajah ke dalam sistem:

1. Buka aplikasi dan masuk ke akun Anda.

Baca Juga: Kalapas Pemuda Kelas II Madiun yang Baru Gagas Sejumlah Program Bagi Warga Binaan

2. Pilih menu Daftar Face Recognition di halaman utama.

3. Unggah foto wajah Anda sesuai petunjuk yang ada di aplikasi.

4. Pastikan foto diambil dalam kondisi pencahayaan yang baik dan tidak menggunakan aksesoris seperti topi atau kacamata.

Baca Juga: Dirut KAI Resmikan Monumen Loko Uap C1140 di Stasiun Kediri, Dalam Rangka HUT PT KAI ke-79

5. Setelah berhasil diunggah, sistem akan memproses data Anda dan menghubungkannya dengan tiket elektronik.

"Proses pendaftaran ini juga bisa dilakukan di stasiun yang sudah mendukung teknologi ini. Hanya butuh beberapa menit. Setelah terdaftar pelanggan dapat langsung menggunakan sistem untuk boarding," tegasnya.

Langkah ini merupakan komitmen dalam mengintegrasikan teknologi ramah lingkungan di seluruh aspek operasionalnya. Ke depan, berencana memperluas penerapan sistem ini di lebih banyak stasiun, sehingga semakin banyak pelanggan yang dapat merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Libur Panjang Maulid Nabi, KAI Daop 7 Catat Okupansi Penumpang KA Melonjak 122 Persen

Dengan inovasi ini, tidak hanya fokus pada peningkatan layanan, tetapi juga berperan aktif dalam mewujudkan keberlanjutan lingkungan, sesuai dengan visi perusahaan untuk menjadi penyedia transportasi publik yang modern, efisien, dan peduli terhadap lingkungan.(dro/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO