Maksimalkan Perekaman E-KTP Jelang Pilkada, Disdukcapil Sumenep Lakukan Layanan Door to Door

Maksimalkan Perekaman E-KTP Jelang Pilkada, Disdukcapil Sumenep Lakukan Layanan Door to Door Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumenep R. Achmad Syahwan Effendy

SUMENEP,BANGSAONLINE.com Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep, terus memaksimalkan pelayanan - Elektronik (e-KTP). 

Baik dengan menggunakan mobil layanan keliling maupun layanan jemput bola 'Karemotor', di mana petugas menggunakan motor keliling ke rumah-rumah warga yang belum melakukan perekaman e-KTP.

Baca Juga: ​Pengamanan Pilkada Serentak, Personel Polsek Krembung Sidoarjo Jalani Pembekalan Rohani

Upaya peningkatan layanan pembuatan KTP elektronik itu selain mendukung suksesnya Pilkada serentak 2024, juga bertujuan memenuhi target agar memudahkan masyarakat saat membutuhkan berbagai persyaratan administrasi dan sebagainya.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumenep R. Achmad Syahwan Effendy mengungkapkan kegiatan rekam KTP El keliling ini merupakan program Disdukcapil dalam mendukung kesuksesan Tahun 2024.

Khususnya untuk bisa mengakses bagi pemilih pemula agar bisa memberikan hak suaranya dalam pemilu November mendatang.

Baca Juga: Upaya Jaga Kamtibmas Selama Pilkada Serentak, Polres Ngawi Gandeng Influencer dan Pegiat Medsos

"Untuk memaksimalkan layanan tersebut kami juga menyebarkan surat edaran ke seluruh Camat untuk dilanjutkan ke masing-masing desa agar penyampaian informasi lebih cepat kepada masyarakat," ujar Sahwan, Senin (21/10/2025) kepada BANGSAONLINE.com.

Dikatakan upaya tersebut pada bulan September sudah mencapai 95,7 persen setelah dilakukan pelayanan jemput bola di bulan Oktober

“Dan insyallah sekarang sudah mencapai 96.88 persen. Dan ini sudah hampir mencapai target,” imbuhnya.

Baca Juga: Di Apel Penerimaan Kirab Pataka, Pj Gubernur Jatim Ajak Jaga Kondusifitas Pilkada Serentak 2024

Diakui, upaya tersebut memang membutuhkan kesabaran. Seperti halnya ketika melakukan perekaman ke sekolah- sekolah ternyata masih ada siswa yang kurang antusias untuk melakukan perekaman.

"Maka harus ada upaya lain yang harus diupayakan dengan mendatangi rumah- rumah warga seperti yang dilakukan baru-baru ini di kelurahan Bangselok dan kelurahan Kepanjin, dengan dor to dor kita berharap semaksimal mungkin untuk bisa dijangkau semua," ujarnya

“iya itulah upaya upaya yang kami lakukan,” sambungnya

Baca Juga: Di Pertemuan dengan Insan Pers, Pemkab Madiun Ajak Sinergi Kesejukkan Masa Pilkada 2024

Adapun untuk warga di kepulauan diserahkan kepada masing-masing UPT Disdukcapil setempat untuk melakukan upaya maksimal agar warga bisa mendapatkan .

“Meskipun, tetap tidak membatasi apabila masyarakat kepulauan ingin datang langsung ke Mall Pelayanan Publik (MPP) yang ada di daratan.,” pungksnya (aln/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO