5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh 5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan Tubuh. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kurma merupakan buah dari pohon kurma yang kaya nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kurma segar memiliki kulit halus dan warna bervariasi dari merah terang hingga kuning cerah.

Berikut 5 :

Baca Juga: Viral Pernyataan Babe Haikal Terkait Sertifikasi Halal, Mahfud MD Beri Tanggapan Menohok

1. Buah tinggi serat

Serat sangat penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Dalam 100 gram kurma terdapat hampir 7 gram serat yang dapat membantu mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar.

Serat dalam kurma bisa mengontrol gula darah dengan memperlambat proses pencernaan sehingga mencegah lonjakan kadar gula darah di dalam tubuh.

Baca Juga: Cara Membuat Mi Goreng Aceh, Tekstur Nyemek dan Bumbu Meresap

2. Buah kaya antioksidan

Kurma memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa mengurangi risiko berbagai penyakit. Antioksidan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Adapun antioksidan utama dalam kurma ialah flavonoid, asam fenolik, dan karatenoid yang bersifat anti inflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, gangguan mata dan kanker.

Baca Juga: Resep Kentang Panggang Daging Asap, Ide Camilan Gurih dan Mengenyangkan

3. Membantu persalinan alami

Kurma mampu memperlancar persalinan pada ibu hamil. Mengonsumsi kurma di minggu-minggu terakhir persalinan dapat membantu membuka leher rahim dan mengurangi kebutuhan induksi persalinan.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Baca Juga: Harga Emas Antam Hari Ini 25 Oktober 2024

Kurma memiliki potensi meningkatkan fungsi otak. Hasil studi laboratorium menunjukkan bahwa kurma bisa mengurangi peradangan di otak dan menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer.

Kandungan flavonoid dalam kurma berperan penting dalam melawan peradangan yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak.

5. Kaya nutrisi

Baca Juga: Resep Bumbu Seblak Goreng Praktis dan Lezat

Kurma mengandung banyak karbohidrat serta sedikit protein. Walaupun kalorinya cukup tinggo, tetapi kurma memiliki kadar vitamin, mineral dan serat yang tinggi.

Dalam 100 gram kurma mengandung 227 kalori, 75 gram karbohidrat, 7 gram serat, 2 gram protein, 15 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) kalium, 13 persen AKG magnesium, 40 persen AKG tembaga, 13 persen AKG mangan, 5 persen AKG zat besi, dan 15 persen AKG vitamin B6.

(ans)

Baca Juga: Mengenal Saffron dan Cara Menyimpannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO