Pilkada 2024 di Sampang, Sortir dan Lipat Surat Suara Dimulai Hari ini

Pilkada 2024 di Sampang, Sortir dan Lipat Surat Suara Dimulai Hari ini Simulasi sortir dan pelipatan surat suara Pilkada 2024 di Sampang yang juga dihadiri Komisioner KPU Jatim. Foto: MUTAMMIM/ BANGSAONLINE

SAMPANG, BANGSAONLINE.com - KPU Sampang mulai melakukan sortir dan lipat surat suara Pilkada 2024, Minggu (27/10/2024). Kegiatan itu berlangsung di GOR Indor Sampang yang dihadiri oleh komisioner KPU Jatim, serta sejumlah perwakilan partai politik pengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"KPU Jatim memantau pelaksanaan sortir dan pelipatan surat suara Pilbup Sampang. Dalam monitoring yang saya laksanakan terlihat sesuai dengan aturan," kata Komisioner KPU Jatim, Miftahur Rozaq, kepada wartawan.

Baca Juga: KPU Kota Kediri Terima Logistik 229.989 Surat Suara Pilkada 2024

Ia mengatakan, pelaksanaan sortir dan lipat surat suara kali ini hanya di surat suara pemilihan bupati serta wakil bupati. Pasalnya, logistik surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur belum diterima KPU Sampang.

"Tentunya dalam waktu dekat logistik surat suara Pilgub akan segera dikirim ke tempat penyimpanan logistik KPU Sampang," ucapnya.

Rozaq menyampaikan, pendistribusian logistik surat suara Pilkada 2024 ke tempat pemungutan suara (TPS) di beberapa desa rencananya dilakukan pada 23-24 November mendatang.

Baca Juga: Besok, KPU Kabupaten Kediri Sortir Surat Suara Pilbup

"Sembari menunggu logistik-logistik yang lain, estimasi pendistribusiannya pada tanggal 23-24 November mendatang," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sampang, Aliyanto, mengaku belum menemukan surat suara rusak di agenda sortir dan pelipatan. Sebab, kerja sortir dan pelipatan baru dimulai selama 3 hari.

"Belum ditemukan kerusakan karena baru dimulai. Sortir dan pelipatan ini dilakukan oleh tenaga kerja yang akan dikerjakan selama tiga hari," ujarnya.

Baca Juga: Beredar Voice Note, Netralitas KPU Sampang Diragukan, Aliyanto Beri Penjelasan

Menurut Ali, tenaga sortir dan lipat surat suara oleh KPU Sampang memberi kepercayaan kepada orang luar yang sudah biasa melakukannya di beberapa daerah.

"Tenaga kerja ini merupakan pihak ketiga, orang Surabaya, sudah biasa kerja sortir, melipat surat suara," sebutnya. (tam/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO