Mensos Dijadwalkan Hadiri Kenduri Maulid: Suguhkan 5000 Layah, Diselingi Gunungan Onde-onde 3 Meter

Mensos Dijadwalkan Hadiri Kenduri Maulid: Suguhkan 5000 Layah, Diselingi Gunungan Onde-onde 3 Meter KEBERSAMAAN: Kegiatan Kenduri Maulid yang digelar Pemkot Mojokerto, tahun lalu. foto: aris/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan menghadiri Kenduri Maulid Nabi Muhammad SAW 1437 H, yang digelar Pemkot Mojokerto, pada Kamis (24/12) nanti. Dalam Kenduri Maulid ini, sebanyak 5000 layah akan dikumpulkan dan dinikmati bareng-bareng masyarakat dan Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus.

Kegiatan tersebut, direncanakan akan digelar di Lapangan Raden Wijaya Surodinawan Kota Mojokerto. Layah atau asahan sebanyak 5.000 itu, berasal dari RT/RW, SKPD, Ormas, Organisasi Keagamaan dan lembaga sekolah. Layah berisi nasi gurih dan lauk pauk. Menariknya, Kenduri Maulid juga dimeriahkan gunungan onde-onde setinggi 3 meter.

Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus menuturkan, Pemkot Mojokerto ingin mengangkat budaya lokal masyarakat yaitu kenduren. Kearifan lokal masyarakat ini dijadikan sebagai agenda pariwisata di setiap merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Mojokerto.

“Sehingga nantinya setiap Maulid Nabi, orang akan mengingat kalau di Kota Mojokerto pasti ada event wisata Kenduri Maulid. Dan wisatawan dari luar kota akan menjadikan acara ini sebagai agenda dan destinasi wisata ke Kota Mojokerto,” harapnya.

Selain itu, Wali Kota juga ingin mengangkat keteladanan dari acara kenduri ini. Karena jaman dulu, layah tidak hanya sebatas piranti dapur, tapi juga sebagai tempat makan bersama-sama. Kenduri juga merupakan budaya Islam nusantara yang wajib dilestarikan.

“Dengan makan bersama, suasana kebersamaan masyarakat akan terjalin saat makan dalam satu layah. Sehingga masyarakat akan semakin guyub rukun dan memiliki semangat gotong royong membangun kotanya,” tuturnya. (ris/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO