Ratusan Rumah di Jombang Terendam Banjir Luapan Sungai Gunting

Ratusan Rumah di Jombang Terendam Banjir Luapan Sungai Gunting BERULANG KALI: Banjir luapan sungai Gunting di Jombang. foto: rony suhartomo/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan rumah warga di dua dusun yang berada di Desa Kademangan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang Jawa Timur, kembali terendam banjir akibat luapan sungai Catak Banteng dan sungai Gunting. Dua dusun yang kembali terendam yakni Dusun Kebondalem dan Dusun Pekunden.

Dusun Kebondalem mengalami luapan terparah, sedikitnya 79 rumah terendam air dengan ketinggian bervariasi yakni mulai 30 centimeter hingga 1,5 meter. Sedangkan di Dusun Pekunden sebanyak 40 rumah yang terendam.

"Selama musim hujan ini, sedikitnya sudah tiga kali terjadi luapan banjir yang terjadi di sini mas, dan di setiap luapan debit airnya selalu meningkat," ujar Basori (40) salah satu warga dusun kebondalem. Selasa (9/2/2016).

Basori menambahkan, luapan banjir dapat dipastikan terjadi jika hujan di wilayah hulu kedua sungai tersebut turun dengan intensitas lebat dan lama. Untuk hulu sungai Gunting berada di Kecamatan Wonosalam sedangkan Hulu sungai Catak Banteng berada di Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri.

Hal senada juga diutarakan oleh Mustari (43) warga Dusun Kebondalem. Dirinya berserta keluarga harus tiga kali mengungsi akibat banjir luapan ini. Dan berharap agar pergatian pemerintah karena banjir selalu datang setiap musim hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO