PDIP Jombang Turun Medan, Banjir Merendam Selama Sepekan

PDIP Jombang Turun Medan, Banjir Merendam Selama Sepekan Kepala Baguna DPP PDI Perjuangan Sadarestuwati serahkan bantuan pada korban banjir.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan turun langsung menyambangi korban banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Jombang. Kedatangan mereka dipimpin Kepala Baguna DPP PDI Perjuangan Sadarestuwati.

Dalam kesempatan itu, rombongan melihat kondisi masyarakat, serta lokasi bencana. Selanjutnya, Sadarestuwati menyerahkan bantuan berupa sembako dan obat-obatan. "Semoga bantuan ini bisa meringankan beban korban banjir di Dusun Beluk," ujar Sadarestuwati yang juga anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Rabu (17/2/2016).

Mbak Estu, panggilan akrab Sadarestuwati mengatakan, berdasarkan data yang ia himpun, banjir yang menerjang ratusan rumah di Dusun Beluk disebabkan oleh meluapnya aliran Avur Watudakon. Maklum saja, sungai tersebut mengalami penyempitan serta pendangkalan. Sudah begitu, curah hujan cukup tinggi dalam beberapa hari.

Faktor lain adalah kondisi hutan di bagian hulu banyak yang gundul. Sehingga daya serap air sangat minim. "Karena itu, aliran sungai meluap dan menyerbu rumah warga. Alhamdulillah, kondisi warga sudah membaik, banjir juga sudah surut," ujar anggota dewan yang berangkat dari daerah pemilihan Jatim VIII (Kab/Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Kab/Kota Madiun).

Estu berharap, pemerintah setempat melakukan langkah konkret, berupa normalisasi sungai. Caranya, dengan pengerukan terhadap sungai yang sedang mengalami pendangkalan tersebut.

Dengan begitu, ketika curah hujan tinggi, air sungai tidak meluap menggenangi pemukiman padat penduduk. "Kita juga sudah mengkordinasikannya dengan pemerintah pusat," pungkasnya. (dio/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO