Kenalkan Go Gegog, Seniman Senior Gelar Reog dan Jaranan

Kenalkan Go Gegog, Seniman Senior Gelar Reog dan Jaranan KHAS PONOROGO: Inilah penampakan nasi Go Gegog itu.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperkenalkan kuliner Ponorogo yang khas, yaitu Go Gegog, Mbah Pur seorang warok dan seniman senior menggandeng Disbudpora Kabupaten Ponorogo dan Muspika kecamatan Ponorogo, mengadakan pentas seni reog dan jaranan, di Padepokan Seni Margojati Jolosutro, Mangkujayan, Sabtu (30/4).

Menurut Kabid Kebudayaan Disbudpora Ponorogo, Bambang Wibisono, acara yang digelar merupakan bentuk kesetiaan masyarakat Ponorogo terhadap seni budaya asli dari tanah reog, baik seni tarian maupun kulinernya.

“Kesenian Reyog misalnya, harus terus kita lestarikan dan tetap dijaga performanya sebagai kesenian asli Indonesia. Bahkan kami dari disparta setempat telah membuat program muatan lokal reyog di setiap sekolah sebagai upaya menjaga kelestarian Reog. Karenanya saya sangat prihatin dengan sempat adanya klaim dari Malaysia pada kesenian ini,” tegasnya.

Sementara Camat Ponorogo Prasetyo Heru Waskito mengatakan, seni budaya di Ponorogo sangat banyak, dari seni tari sampai kuliner.

“Mari kita mendukung visi Bupati, yaitu Ponorogo Berbenah, Berkemajuan, Berbudaya dan Religius, dengan melestarikan seni, baik seni reyog, pusaka, akik dan macapat dan bisa mengangkat nama Ponorogo”, ujarnya.Hadir dalam acara tersebut, Lurah Mangkujayan, Kapolsek Ponorogo, Danramil Ponorogo dan puluhan pembarong.

Sego Gegog sendiri memiliki arti nasi yang dibungkus daun pisang atau dalam bahasa jawa Sego Genem Godong Gedhang (Go Gegog) untuk penyebutan lain biasanya juga ada yang menyebutnya Go Gegog MPWG dimana MPWG memiliki singkatan Mbah Pur Warok Gendheng yaitu julukan sang Owner Gerai Sego Gegog yang memang notabene juga sebagai seniman Reog asli Kota Ponorogo.

Varian menu Gegog-nya pun beragam mulai dari Gegog Ayam, Gegog Salem, Gegog Jero'an, Gegog Jamur, Gegog Tawon, Gegog Ontong, Gegog Lamtoro tempe dan semua variannya begitu Lezat. Untuk itu disarankan bagi anda yang telah tinggal di Ponorogo ataupun hanya sekedar menyambangi kota Ponorogo untuk mencicipi Go Gegog MPWG. (po2/jar/sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mulai dari 10 Ribu, Warung Omahe Dewe di Kediri Sediakan Masakan Khas Pedesaan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO