Preman dan Pengangguran Ikuti Pelatihan Bela Negara

Preman dan Pengangguran Ikuti Pelatihan Bela Negara

MALANG, BANGSAONLINE.com - Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Rahmad Pribadi memimpin upacara pembukaan pelatihan wawasan kebangsaan dan pembekalan keterampilan bagi masyarakat pengangguran dan preman TA 2016. Pelatihan ini diikuti oleh 100 orang peserta dan ditempatkan di Dodik Bela Negara Rindam V/Brawijaya, Senin (2/5) kemarin.

Penyelenggaraan kegiatan Bintahwil kali ini mengambil tema “Melalui pembekalan wawasan kebangsaan dan latihan keterampilan kita bangun generasi muda yang disiplin, semangat, kreatif, inovatif dan bermartabat serta bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara.”

Pangdam, dalam amanat yang dibacakan oleh Kasdam menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan wawasan kebangsaan melalui pembekalan secara teori dan praktik kepada preman dan pengangguran. Dari kegiatan ini diharapkan terbentuk mental yang baik, memiliki rasa cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara.

"Kegiatan Bintahwil melalui latihan wawasan kebangsaan dan pembekalan keterampilan kepada masyarakat pengangguran dan preman merupakan upaya pemerintah, khususnya Kodam V/Brawijaya," ujar Kasdam saat membacakan amanat tertulis dari Pangdam.

Hal ini, kata Kasdam, untuk meningkatkan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara dengan menanamkan kecintaan pada tanah air, setia kepada Ideologi Pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara, meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara, siap menghadapi berbagai ancaman, tantangan dan gangguan serta hambatan baik dari luar maupun dalam negeri.

Hadir pada acara tersebut Kasdam V/Brawijaya, para Danrem, para Asisten Kasdam V/Brawijaya dan Kabalak jajaran Kodam V/Brawijaya.

Sementara kegiatan serupa, yakni Pembinaan Ketahanan Wilayah, yang merupakan program Kotama Ops TNI TA 2016, juga bakal digelar oleh Rindam V/Brawijaya pada tanggal 2 Mei s/d 28 Mei 2016. (*/rev)

Sumber: Kapendam V/Brawijaya, Letkol Arh Sinthu Bas Ignatius

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO