Tanya-Jawab Islam: Menelan Air Ludah Membatalkan Puasa?

Tanya-Jawab Islam: Menelan Air Ludah Membatalkan Puasa? Dr. KH Imam Ghazali Said.

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 08123064028, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Pak Kiai, ketika saya menjalankan puasa di siang hari, tiba-tiba saya menelan air liur, apakah hal itu sudah membatalkan puasa saya? Atas penjelasannya disampaikan terima kasih. Fitria, Medokan Semampir, Surabaya.

Jawaban:

Pertanyaan ibu harus dikembalikan kepada definisi. Puasa adalah menahan diri untuk tidak makan, tidak minum, dan tidak melakukan hubungan seks, sejak terbit fajar hingga matahari terbenam.

Sepanjang yang saya tahu dan menurut para ahli, menelan ludah yang memang terproduksi di mulut, atau menghirup ingus di hidung, itu tidak bisa disamakan dengan pengertian minum. Sebab, itu suatu kenyataan yang tidak bisa ditolak.

Dengan demikian, menelan ludah seperti yang ibu tanyakan itu tidak membatalkan. Kesimpulan hukum itu dia ntaranya setelah merenungi firman Allah Swt:

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO