Rp 1 M untuk Jember Fashion Carnaval, Dihadiri Jokowi, Jadi Event Parade Busana Unik Dunia

Rp 1 M untuk Jember Fashion Carnaval, Dihadiri Jokowi, Jadi Event Parade Busana Unik Dunia

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Event besar Jember Fashion Carnaval (JFC), sebentar lagi akan dimulai, tepatnya pada tanggal 24-28 agustus 2016. Event itu, menjadi agenda tahunan sebagai parade busana unik kelas dunia. Tak tanggung-tanggung. Untuk menyukseskan acara itu, Pemkab Jember mengucurkan dana Rp 1 miliar dari APBD tahun 2016.

"Tahun ini bantuan yang diberikan Pemkab Jember kepada JFC sama dengan tahun lalu yakni sebesar Rp 1 miliar, namun hingga kini anggaran tersebut masih belum cair," kata Vice President JFC, Suyanto usai rapat bersama dengan DPRD, Satlantas Polres Jember, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP di DPRD Jember, Jumat (19/8).

Menurut dia, kegiatan JFC tahun 2016 tidak menggunakan promotor seperti tahun lalu. Alasannya, pihak promotor mengalami kerugian yang cukup besar akibat pengeluaran untuk kegiatan JFC tidak sebanding dengan penjualan tiket penonton.

"Pada kegiatan JFC ke-14 tahun 2015 pengeluaran yang dilaporkan promotor mencapai Rp 4,7 miliar, namun pendapatan hasil penjualan tiket hanya ratusan juta saja. Kerugian itu bukan pada kami, karena semua ditanggung pihak promotor," tuturnya.

Ia mengatakan, pihak manajemen JFC benar-benar melakukan seleksi yang cukup ketat terhadap pihak-pihak sponsor yang ingin mendanai kegiatan bertaraf internasional itu, sehingga tidak mudah menerima tawaran sponsor, karena dapat berpengaruh pada pemberitaan sejumlah media.

"Biasanya teman-teman media tidak mau kalau gambarnya bocor gara-gara banyak atribut sponsor yang terpasang di area parade busana unik dan spektakuler itu, sehingga kami berusaha semaksimal mungkin untuk profesional," ujarnya menambahkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO