Puluhan Rumah di Dusun Kedunglempuk Tembelang, Jombang Banjir

 Puluhan Rumah di Dusun Kedunglempuk Tembelang, Jombang Banjir Warga melintas genangan air. foto: RONY SUHARTOMO/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang mengguyur Jombang hampir lima jam mulai berdampak. Air sungai konto meluap dan masuk ke pemukiman padat penduduk di Dusun Kedunglempuk Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Puluhan rumah terendam air.

"Banjir di sini sudah rutinan tiap hujan lebat. Warga sudah hafal. Air cepat naik, tapi juga cepat surut," ujar Siyani (50), Dusun kedunglempuk Desa Pesantren, Sabtu (26/11).

Dia menceritakan, sejak Jumat sore hujan sudah turun. Sudah begitu, hujan deras tersebut juga berlangsung cukup lama, yakni sekitar lima jam. Karena itu pula, sungai Konto yang melintas di Dusun Kedunglempuk, debit airnya meningkat.

Malam hari, air sungai mulai tumpah ke jalan. Selanjutnya air itu merambat ke pemukiman penduduk. Semakin malam, air semakin tinggi dari mulai setinggi mata kaki hingga setinggi lutut orang dewasa.

"Air mulai meluber dari sungai saat malam. Selanjutnya air terus meninggi. Bahkan hingga selutut orang dewasa. Mudah-mudahan banjir segera surut," ujar kasiami (45), warga lainnya. (ony/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO