Rabu, 14 April 2021 23:47

Kaget Lihat Bontang Ekpres, Nelayan Jukungan Ceburkan Diri ke Laut

Rabu, 08 Maret 2017 02:38 WIB
Kaget Lihat Bontang Ekpres, Nelayan Jukungan Ceburkan Diri ke Laut
Kasatpolair Ikut Mengangkat Nelayan Yang Menceburkan Diri ke Laut

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Muhammad Ridwan (40), nelayan jukungan yang sedang memancing di Selat Bali menceburkan diri ke laut. Warga Kampung Baru, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro ini nekad saat perahu yang ditumpanginya nyaris tertabrak KMP Bontang Expres.

Insiden yang terjadi sekitar pukul 07.00 WIB, Selasa (7/3/2017), berada dititik ordinat 03 07’416” LS 114 25’05” BT. Pagi itu korban tengah memancing sendirian menumpang perahu jukung warna putih. Tanpa dia sadari didekatnya melintas KMP Bontang Expres yang dinahkodai Budi Yeni Susanto (43). Lantaran kaget, Ridwan lantas menceburkan diri ke laut.

Nahkoda kapal asli Dusun Krajan, Desa Buluagung, Kecamatan Siliragung langsung melakukan upaya pertolongan. Dibantu sejumlah anak buah kapalnya (ABK), tubuh Ridwan yang mengapung di tengah perairan Selat Bali akhirnya bisa dievakuasi ke atas KMP Bontang Expres. Selanjutnya nelayan asal Bulusan itu dibawa merapat di dekat Markas TNI AL Ketapang.

Aparat Satuan Polisi Perairan Polres Banyuwangi pun turun ke lokasi. Kasatpolair AKP Subandi bersama Kasium Aipda Hardi bersama sejumlah anggota lain dibantu nelayan membantu proses evakuasi korban dari atas KMP Bontang Expres menuju ke darat. Evakuasi melibatkan perahu milik nelayan lokal.

BACA JUGA : 

Korban Investasi Bodong di Banyuwangi Terus Bertambah

Antisipasi Mudik, Polresta Banyuwangi Laksanakan Apel Gelar Pasukan Gabungan Operasi Semeru 2021

Penggerebekan Pabrik Senjata Api Ilegal di Banyuwangi, Pelaku Belajar Autodidak dari Internet

Tahanan Polsek Licin Banyuwangi Meninggal, Keluarganya Bantah Bunuh Diri

Aparat Satuan Polisi Perairan Polres Banyuwangi pun turun ke lokasi. Kasatpolair AKP Subandi bersama Kasium Aipda Hardi bersama sejumlah anggota lain dibantu nelayan membantu proses evakuasi korban dari atas KMP Bontang Expres menuju ke darat. Evakuasi melibatkan perahu milik nelayan lokal.

Korban selanjutnya dibawa berobat ke Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Probolinggo yang beroperasi di Ketapang, Banyuwangi menumpang ambulan.

“Alhamdulillah, Pak Ridwan dalam kondisi sehat. Setelah ditangani petugas medis dia diperbolehkan pulang ke rumah. Tidak ada luka serius yang dialami,” tandas AKP Subandi.

Selain mengevakuasi korban, ABK KMP Bontang juga menarik perahu jukung milik korban ke tepi. Evakuasi perahu jukung ini melibatkan speadboat milik KMP Bontang Expres. Usai proses evakuasi kapal penumpang yang melayani trip Gilimanuk – Ketapang ini akhirnya merapat ke Pelabuhan ASDP Ketapang untuk bongkar muat.

“Posisi KMP Bontang Expres dari Pelabuhan Gilimanuk menuju Ketapang. Di tengah selat berusaha menghindari perahu jukung yang ditumpangi korban karena terbawa arus sampai ke tengah dan melewati rute yang ditentukan,” ungkapnya.

Kasatpolair mengingatkan kepada para nelayan yang melintas di sekitaran Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk agar berhati-hati. Patut dipahami bahwa Selat Bali termasuk jalur lalulintas laut padat. Banyak kapal besar bermuatan barang maupun penumpang yang melintas. Karena itu aktivitas perahu nelayan harus melintasi jalur aman agar tidak mengganggu moda transportasi laut. (bwi1/dur)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...