150 Siwa PAUD Ikuti Lomba Gambar dan Pendidikan Kebencanaan di 'Tajem Pedang' Situbondo

150 Siwa PAUD Ikuti Lomba Gambar dan Pendidikan Kebencanaan di Siswa PAUD saat mendapatkan materi kebencanaan dari Tagana Dinsos Situbondo, di Taman Jembatan Peduli Anak Bangsa. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 150 siswa tingkat PAUD kawasan perkotaan di Situbondo mengikuti lomba mewarnai di Taman Jembatan Peduli Anak Bangsa (Tajem Pedang) kantor Dinas Sosial Pemkab Situbondo.

Selain lomba mewarnai, para siswa juda diberikan suasana edukasi, rekreatif dan outbond game tentang kebencanaan.

"Ini juga terobosan untuk mengoptimalkan keaktifan anggota Tagana Kabupaten Situbondo, memberikan sarana edukasi tentang bencana kepada guru dan anak didiknya," kata Kepala Dinas Sosial Situbondo, Lutfi Joko Prihatin.

Lutfi menjelaskan, terkait dengan edukasi kebencanaan, di Tajem Pedang tersebut para guru dan anak didiknya didampingi instruktur dari unsur Tagana mendapatkan pemahaman tentang cara pemasangan shekter/tenda darurat, cara penggunaan baju pelampung, tata cara penggunaan perahu Viber dan skoci.

"Ada penanaman pohon penghijauan, pengenalan sarana dan parasana peralatan dan fungsinya, memberikan pemahaman penanggulangan bencana, [engenalan tempat tempat rawan dengan cara mewarnai gunung aktif, tanah longsor, banjir bandang, puting beliung serta gempa bumi," terangnya.

Lebih lanjut, menurut pria yang akrab dengan seluruh elemen pemuda NU Situbondo ini, bahwa, pengenalan media pembelajaran tentang kebencanaan telah dikerjasamakan dengan guru PAUD se-Kabupaten Situbondo. Bahkan kegiatan ini sudah dimasukkan dalam kurikulum sekolah PAUD.

"Ini juga untuk mempermudah implementasi kegiatan pelajaran tentang kebencanaan, apalagi kegiatan tersebut masuk dalam kurikulum," pungkas Lutfi.

Pantauaan BANGSAONLINE.com, tampak sejumlah siswa tingkat PAUD didampingi para guru dan orang tuanya asik mewarnai tempat-tempat rawan bencana seperti gunung aktif, tanah longsor ,banjir bandang, puting beliung serta gempa bumi.

Tak hanya mewarnai, mereka juga mendapatkan pemahaman tentang materi-materi kebencanaan dan cara mempraktekannya. Selain Kepala Dinas Sosial Pemkab Situbondo, Lutfi Joko Prihatin, hadir dalam acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Situbondo dari Fraksi Demokrat, Hadi Priyanto. (stb1/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO