Dongkrak Partisipasi Pemilih, KPU Kota Mojokerto Bikin Rumah Pintar Pemilu

Dongkrak Partisipasi Pemilih, KPU Kota Mojokerto Bikin Rumah Pintar Pemilu Salah satu sudut Rumah Pintar Pemilu Kota Mojokerto. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto berupaya mendongkrak partisipasi pemilih dalam Pilwali 2018 mendatang. Salah satu upayanya yakni meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

RPP diharapkan mampu mendongkak angka partisipasi pemilih dari 84 persen pada pemilihan Wali Kota tahun 2014 lalu menjadi 90 persen.

"Angka partisipasi diharapkan mampu terdongkrak dengan adanya RPP. Selain itu, masyarakat bisa belajar tentang sejarah dan sistem pemilu di Indonesia," Kata Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, kemarin (2/5).

Amin menjelaskan di RPP ini tersedia beragam infomasi terkait pemilu. Mulai dari nilai penting pemilu dan demokrasi, tahapan penyelenggaraan pemilu, denah pemungutan suara, tata cara memilih, hingga sejarah pemilu di Indonesia. Bahkan, juga terdapat mini theater yang berisi film sejarah pemilu. Tak hanya calon pemilih, partai politik juga bisa mengakses data perolehan suara Pileg sebagai acuan di Pilkada.

"Secara konsep kita ingin pengunjung nyaman saat berkunjung sehingga mereka mengetahui alur pesta demokrasi lima tahunan," tuturnya.

Ditambahkan Amin, pihaknya pasca peresmian RPP akan gencar melakukan sosialisasi ke SMA/SMK yang merupakan calon pemilih pemula. Dia berharap kalangan pelajar aktif memanfaatkan RPP untuk menambah wawasan tentang pemilu dan demokrasi. Rumah pintar tersebut dibuka Senin-Jumat bagi semua kalangan.

"Semua masyarakat bisa mengakses RPP," tandasnya.

Pembentukan RPP ini disambut baik kalangan pelajar di Kota Mojokerto. Seperti yang dikatakan Gilang Fauzi, pelajar kelas XI SMK asal Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari yang hadir saat peresmian RPP.

"Senang sekali sebagai pemilih pemula, saya mendapatkan pengetahuan cara memilih. Karena saya baru akan mempunyai hak pilih tahun depan," cetusnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO