Jelang Pelaksanaan Pilkada 2024, KPU Kota Mojokerto Gelar Rapat Evaluasi dengan Jajaran Stakeholder

Jelang Pelaksanaan Pilkada 2024, KPU Kota Mojokerto Gelar Rapat Evaluasi dengan Jajaran Stakeholder Rapat yang digelar KPU Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com Kota Mojokerto menggelar rapat koordinasi evaluasi pemungutan dan penghitungan suara dalam pesta demokrasi November mendatang, Rabu (16/10/2024).

Mewakili Ketua Kota Mojokerto, Suwaji dari Divisi Hukum dan Pengawasan membuka agenda tersebut. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi ruang mendapatkan masukan terkait proses pemungutan dan penghitungan suara.

Baca Juga: Komisi l DPRD Kabupaten Pasuruan Pertanyakan Serapan Anggaran yang Minim di Bawaslu

"Ayo bersama kita memotret permasalahan, memotret keberhasilan untuk menjadi bekal pada pemilu dan pemilihan yang akan datang," ucapnya.

Suwaji menuturkan, rapat evaluasi ini sangat penting sebagai langkah untuk memastikan proses pemilihan serentak di Kota Onde-Onde berjalan dengan baik dan aman.

"Jelang pelaksanaan Pilkada serentak kita harus saling mengisi sebagai masukan dan antisipasi hal-hal yang bisa menghambat pelaksanaan Pilkada," katanya.

Baca Juga: Temui Ribuan Pengurus dan Kader Golkar di Menganti, Begini Janji Asluchul Alif

Sementara itu, Ulil Abshor dari Divisi Teknis Kota Mojokerto, menyampaikan bahwa kegiatan rapat Evaluasi tahapan pencalonan dan persiapan pemungutan, dan penghitungan suara yang digelar ini mengundang 36 unsur.

"Ada dari Parpol, tokoh masyarakat, tokoh agama, sejumlah OPD dan juga dengan awak media," ujarnya.

Rapat evaluasi ini juga menghadirkan 3 narasumber dari , , dan Polri. Salah satunya adalah Ulil, kemudian Ilham dari Kota Mojokerto, dan Kasat Intelkam Polres Mojokerto Kota, AKP Kunadi.

Baca Juga: Kiai Asep Hadiri Kampanye Pasangan Mubarok di Pasar Sedati

Ulil memaparkan tentang tahapan pencalonan, mulai dari pendaftaran pasangan calon hingga penelitian persyaratan administrasi. Dia menjelaskan, 2 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota telah mendaftar pada periode yang ditetapkan.

"Dengan proses verifikasi dan perbaikan persyaratan telah dilakukan hingga tahap penetapan pasangan calon pada 22 September 2024," sebutnya.

Sementara itu, narasumber dari Kota Mojokerto menyatakan dalam menjaga kondusivitas wilayah jelang pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini merupakan tanggung jawab semua pihak. Ia juga mengatakan, segala persiapan tahapan pencalonan harus dilakukan dengan perencanaan yang baik dan evaluasi.

Baca Juga: Mulai Hari ini, KPU Kota Blitar Gelar Debat Publik Setiap 2 Minggu Sekali

" Kota Mojokerto agar dapat menyiapkan perencanaan tahapan Pilkada dengan melakukan evaluasi dari pemilu serentak maupun pilkada yang sebelumnya," tuturnya.

Sedangkan Kasat Intelkam Polres Mojokerto Kota, menyebut Polri dalam rangka mendukung keamanan di kota Mojokerto telah melakukan upaya langkah-langkah demi keamanan pelaksanaan , salah satunya memastikan keamanan calon wali kota dan wakil wali kota dengan pengawalan pribadi masing-masing calon 4 personel.

"Termasuk ketua dan Ketua kami beri fasilitas pengamanan dari Polri," kata Kusnadi. (ris/mar)

Baca Juga: Khofifah-Emil Kolab Bareng Dewa 19, Nyanyikan Hidup adalah Perjuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pasangan Edi Hadiyanto Daftar Bacakada Situbondo ke PPP':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO