TMMD ke-100 di Bojonegoro Dibuka Wabup, TNI Siap Bangun Desa Meduri

TMMD ke-100 di Bojonegoro Dibuka Wabup, TNI Siap Bangun Desa Meduri

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-100 Tahun 2017 di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo, Bojonegoro resmi dibuka. Upacara pembukaan digelar di lapangan Desa Geneng, Kecamatan Margomulyo, Rabu (27/9).

Upacara diikuti Jajaran TNI dari Korem 082, Kodim 0813, Polres, Satpol PP, Perlindungan Masyarakat, masyarakat dan pelajar yang dipimpin oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono. Sebelum upacara, terlebih dahulu ditampilkan sebuah tarian yang dibawakan oleh pelajar SMK Kecamatan Margomulyo.

Wabup saat membacakan amanat Gubernur Jawa Timur menjelaskan bahwa Upacara pembukaan TMMD ke-100 dipusatkan di Lapangan Ahmad Yani Desa Gratitunon Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan berbagai unsur yaitu TNI, Kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian, pemerintah daerah serta elemen masyarakat dalam rangka mendukung program pemerintah melalui percepatan serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

Tujuannya tidak lain adalah untuk kesejahteraan masyarakat serta memantapankan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara khususnya di daerah tertinggal, kumuh perkotaan, daerah perbatasan, pulau terluar, daerah terkena bencana alam serta daerah terisolir/terpencil yang dilaksanakan secara sustainable development.

"Hal ini merupakan salah satu Nawa Cita presiden RI, khususnya butir ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran untuk memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," ucapnya.

Pelaksanaan program TMMD ke-100 di Jawa Timur, khususnya di Bojonegoro ini juga untuk memberikan dukungan kegiatan fisik dan nonfisik. Di Bojonegoro, bantuan meliputi Al-Qur’an dan Juz Amma, pemberian padi hibrida varietas ciherang, pemberian pupuk kompos, serta bantuan pinjam pakai handtraktor roda dua.

Sementara itu, Kolonel Inf. Hery Subagyo Komandan Kodim Bojnegoro mengungkapkan, TMMD ini mengalokasikan anggaran 1,9 miliar rupiah. Salah satunya digunakan untuk rehab rumah tidak layak huni di Desa Meduri, Kecamatan Margomulyo sebanyak 15 unit dan infrastruktur lainnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Komandan Korem 082 beserta ibu, Kapolres Bojonegoro, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, Pimpinan Perbankan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Camat dan Kepala desa di Kecamatan Margomulyo serta organisasi wanita di Kabupaten Bojonegoro seperti Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, Dharma Wanita Persatuan dan organisasi wanita lainnya. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO