Kementerian PUPR Bangun Anjungan Cerdas di Trenggalek

Kementerian PUPR Bangun Anjungan Cerdas di Trenggalek Progres konstruksi pembangunan Anjungan Cerdas.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) saat ini tengah menyelesaikan pembangunan anjungan cerdas Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pembangunannya dilakukan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek.

Pembangunan anjungan cerdas bertujuan meningkatkan keselamatan berkendara, sekaligus mendorong bangkitan ekonomi baru. Konsep anjungan cerdas ini diadposi dari tempat istirahat pengguna jalan (rest area) di Jepang yang disebut Michino-Eki

"Pembangunan berjalan lancar dan tanpa kendala yang berarti. Anjungan Cerdas Tugu progres fisik di akhir tahun akan melebihi 57 persen," kata Kepala BPIW Rido Matari Ichwan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis mengatakan, pembangunan anjungan cerdas punya peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah, terutama melalui penyediaan infrastruktur yang berdampak langsung kepada masyarakat.

“Pembangunan yang diinisiasi BPIW ini patut diapresiasi,” terang Fary saat memimpin rombongan DPR RI meninjau langsung proses pembangunan Anjungan Cerdas Tugu di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Anjungan cerdas multifungsi ini digunakan sebagai tempat istirahat untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan. Selain itu, anjungan cerdas akan terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung dan dikemas secara modern seperti tempat makan, ruang pertemuan, pusat informasi, gerai ATM, ruang terbuka hijau, amphi teater, dan sarana edukasi. Terdapat juga fasilitas gedung untuk mempromosikan komoditas lokal dari UMKM serta ruang informasi infrastruktur di wilayah sekitarnya.

Anjungan Cerdas Tugu dipilih karena berada pada jalur terpanjang di jalan lintas selatan Jawa yakni dari Yogyakarta-Trenggalek-Malang dan Yogyakarta-Trenggalek-Surabaya. Tak hanya menyediakan tempat beristirahat, anjungan ini akan menyuguhkan pemandangan indah Bendungan Tugu yang saat ini dalam tahap konstruksi dan akan selesai akhir tahun 2018.

Dengan luasan area 4,2 hektar, Anjungan Cerdas Tugu dikerjakan oleh PT. Istaka Karya–Metro Lestari Utama-Pola Kendali Nusantara dan Bita Enarcon Engineering KSO dengan anggaran Rp 56,8 miliar.

Saat ini, tengah menyelesaikan pembangunan Anjungan Cerdas Rambut Siwi, di Jembrana, Bali. Rambut Siwi dipilih karena berada di ruas jalan nasional yang menghubungkan Kota Denpasar ke Gilimanuk. Anjungan Cerdas dibangun di atas lahan seluas 4,7 hektar. Dikerjakan oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero) dengan nilai kontraknya mencapai Rp 67,5 miliar.

Selain di Trenggalek dan Jembrana, juga akan membangun Anjungan Cerdas di Labuan Bajo, Makale-Tana Toraja, Magelang-Jawa Tengah, dan Labuan Kayangan-Lombok. (*)

Sumber: *Sekretariat Jenderal Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO