Dilantik Presiden, Idrus Gantikan Khofifah, Moeldoko Ganti Teten, Agum Ganti Hasyim Muzadi

Dilantik Presiden, Idrus Gantikan Khofifah, Moeldoko Ganti Teten, Agum Ganti Hasyim Muzadi Presiden Jokowi saat melantik Idrus Marham, Jenderal Moeldoko dan Agum Gumelar di Istana Presiden Jakarta, Rabu (17/1/2018). Foto: republika.co.id

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pejabat tinggi Negara pukul 9 pagi ini, Rabu (17/1/2018), di Istana Merdeka. Mereka adalah Idrus Marham Sekjen DPP Partai Golkar yang dilantik sebagai Menteri Sosial RI menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mengundurkan diri karena maju sebagai colon Gubernur Jawa Timur.

Kemudian Agum Gumelar dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menggantikan KH Hasyim Muzadi yang wafat beberapa waktu lalu.

Selain Idrus dan Agum, Presiden Jokowi juga melantik Jenderal TNI (Purn) Moeldoko sebagai Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) menggantikan Teten Masduki.

Pergantian Teten ini menjadi tanda tanya banyak pihak karena tidak dalam posisi kosong. Selama ini KSP sangat strategis karena membawahi deputi-deputi yang membantu presiden mengelola program-program prioritas nasional. KSP setara menteri.

Jokowi sudah dua kali merombak posisi KSP. Sebelum Teten Masduki, KSP dijabat Luhut Binsar Panjaitan, orang kepercayaan Kowi. Kini Luhut menjabat Menko Maritim. Sedangkan Teten sendiri dijadikan Koordinator Staf Khusus Presiden.

"Mengangkat saudara Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresiden diberikan fasilitas setara menteri," kata Jokowi saat membaca Keputusan Presiden.

Presiden Jokowi juga melantik Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara. Yuyu menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang diangkat sebagai Panglima TNI. Presiden menaikkan pangkat Yuyu dari Marsekal Madya menjadi Marsekal TNI melalui prosesi penyematan pangkat di pundak.

Para pejabat tinggi Negara yang dilantik itu mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden Jokowi dengan didampingi para rohaniawan. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO