Puisinya Dinilai Bikin Gaduh, GP Ansor Laporkan Sukmawati Soekarnoputri ke Polda Jatim

Puisinya Dinilai Bikin Gaduh, GP Ansor Laporkan Sukmawati Soekarnoputri ke Polda Jatim Ketua GP Ansor saat memberikan keterangan persnya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puisi berjudul 'Ibu Indonesia' karya Sukmawati Soekarno Putri yang dibacakannya saat acara 29 tahun Anne Avantie Berkarya di Jakarta berbuah laporan polisi.

GP Ansor PWNU Jawa Timur H Rudi Tri Wahid mengadukan tindakan Putri presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno ke SPKT Polda Jatim, Selasa (3/4). "Saya sebagai wakil Nahdlatul Ulama menindaklanjuti pernyataan sikap dari PWNU tadi siang, terkait dengan adanya keresahan masyarakat, adanya kegaduhan di masyarakat, tentang penyampaian puisi dari mbak Sukmawati. Lah ini kita tindaklanjuti sebagai bentuk khidmat kita kepada PWNU, bentuknya laporan atau pengaduan. Nanti dikategorikan yang mana, kita serahkan kepada pihak kepolisian," terang Ketua GP Ansor H Rudi Tri Wahid, di depan kantor SPKT Polda Jatim, Selasa (3/4).

PWNU Jawa Timur sebelumnya telah membuat pernyataan menyayangkan sikap Sukmawati Soekarno Putri yang dinilai sebagai bentuk tidak menghormati agama Islam karena menabrak idiom-idiom dalam Islam seperti cadar, syariat Islam, dan azan.

Laporan polisi yang ditempuh GP Ansor itu, lanjut Rudi, juga sebagai bentuk antisipasi keributan masyarakat, karena pihaknya sudah mulai merasakan gejala terjadinya kegaduhan terkait masalah tersebut. "Kita tidak ingin terjadi di Jawa Timur. Maka, harus itu segera ditangani oleh kepolisian," tegasnya.

Ia mengimbau masyarakat menahan diri agar tidak terjadi disharmoni dalam kehidupan berbangsa dan menyerahkan sepenuhnya pada proses hukum.

Adapun barang bukti yang dibawa untuk melengkapi laporannya berupa pernyataan tertulis PWNU Jawa Timur. Kedua, link video youtube saat Sukmawati membacakan puisi dan link berita online.

Puisi yang dibacakan Sukmawati Soekarno Putri berjudul Ibu Indonesia terdiri dari 4 bait, beberapa kalimat menjadi kontroversi lantaran diduga melecehkan agama Islam. Salah satunya ada pada bait ketiga yang berbunyi bahwa kidung ibu Indonesia lebih merdu dari alunan azan. (ana/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO