PDIP Gotong Royong Bangun MCK di Rumah Warga Stunting Trenggalek

PDIP Gotong Royong Bangun MCK di Rumah Warga Stunting Trenggalek Warga tampak bergotong-royong membangun fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) serta membenahi rumah Juwarni.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah aktivis lintas elemen bergotong royong membangun fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) serta membenahi rumah Juwarni, orang tua M, balita Trenggalek yang menjadi penderita stunting atau pertumbuhannya tidak normal.

Ketua PDIP Trenggalek Doding Rahmadi mengatakan, para aktivis di Trenggalek tergerak hatinya untuk membantu meringankan beban hidup orang tua M. Mereka bekerja bakti membangun MCK dan membenahi rumah orang tua M, Minggu (22/4). 

Warga serempak saling membantu. Ada yang membeli peralatan material, ada yang sukarela membawakan makanan ringan seperti tempe goreng, dan ada pula yang menyediakan minuman untuk pelepas dahaga bagi semua yang bekerja bakti.

Rumah orang tua M sendiri masih beralaskan tanah. Di sana juga tak ada fasilitas MCK. Untuk melakukan aktivitas MCK, M dan orang tuanya menumpang di tempat tetangga yang fasilitas MCK-nya sebenarnya juga jauh dari memadai. Seringkali mereka memanfaatkan sungai untuk melakukan MCK. Sedangkan fasilitas MCK bersama yang dibangun sejak bertahun-tahun lalu sudah tak berfungsi dan tak pernah diperbaiki Pemkab Trenggalek.

Hal itulah yang menjadi sumber perdebatan panas antara Cawagub Jatim Emil Dardak yang tak lain adalah bupati nonaktif Trenggalek dengan Cawagub Puti Guntur Soekarno beberapa waktu lalu.

“Teman-teman aktivis dan para relawan akhirnya urunan untuk membangun MCK dan membenahi rumah yang bersangkutan. Ini gotong royong semuanya, ada teman-teman partai, para seniman, anak-anak muda, dan warga masyarakat secara umum,” ujar Doding.

Doding mengatakan, fokus gotong royong adalah membangunkan MCK di rumah bersangkutan. “Karena MCK ini vital. Kalau tersedia dan sanitasinya bagus, permasalahan kesehatan bisa dihindari. Kan salah satu sumber penyakit dari masalah ini,” ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO