Gandeng LIPI, Eni Ajarkan Warga Bawean Buat Krupuk Ikan

Gandeng LIPI, Eni Ajarkan Warga Bawean Buat Krupuk Ikan Ketua Golkar Gresik Ahmad Nurhamim memberikan sambutan dalam pembinaan masyarakat Bawean. foto: SYUHUD A/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua Ahmad Nurhamim bersama Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Eni Maulani Saragih bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia () menggelar workshop pembinaan untuk warga Pulau Bawean, Kamis-Jumat (10-11/5/2018).

Sedikitnya, ada 200 orang ibu RT perwakilan 2 kecamatan Sangkapura dan Tambak yang mengikuti pembinaan. Mereka diberikan pembekalan soal mengolah kekayaan alam yang melimpah di pulau putri ini, seperti hasil tangkapan ikan laut.

Mereka diberikan pembekalan keterampilan cara pembuatan krupuk ikan. Sebagai pemateri, Eni mendatangkan Deputi Bidang Jasa Ilmiah Dr. Mego Pinandito. Selain mereka, hadir dalam pembekalan tersebut 2 anggota DPRD Gresik fraksi Golkar Asroin Widiyana dan Miftahol Jannah.

Kepada BANGSAONLINE.com, Ahmad Nurhamim yang mendampingi Eni Maulani Saragih menyatakan, bahwa pembekalan cara membuat kerupuk berbahan ikan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan perekonomian warga Bawean yang mata pencahariannya dari melaut.

"Hasil ikan di Bawean kan sangat banyak. Ikan-ikan tersebut tak semuanya laku dijual. Makanya, ikan tersebut dijadikan makanan olahan seperti kerupuk ikan," katanya.

Dengan adanya aktivitas pembuatan kerupuk berbahan ikan, para ibu-ibu bisa menghasilkan pendapatan sendiri. "Sehingga, bisa menopang perekonomian keluarga," terang politikus asal Gending Kebomas ini.

Nur Hamim berharap, ke depan juga bisa membantu masyarakat Kabupaten Gresik lain untuk menumbuhkan minat masyarakat berwirausaha baik di sektor pengolahan ikan dan lainnya.

"Misalnya, membuat masakan kemasan/kaleng ikan khas Gresik dan lainnya. Dengan adanya pembinaan dari untuk membuat produk makanan olahan ini masyarakat Gresik makin banyak yang bisa berwirausaha, sehingga kesejahteraan mereka kian meningkat," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO