H-4 Pilgub, Panwaslu Sidoarjo Gelar Apel Siaga Pengawasan Terpadu

H-4 Pilgub, Panwaslu Sidoarjo Gelar Apel Siaga Pengawasan Terpadu Anggota Panwaslu Sidoarjo, Jamil, SH, MH. foto: Mustain /BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Empat hari menjelang Pilgub Jatim 2018, Panwaslu Kabupaten Sidoarjo menggelar Apel Siaga Pengawas Terpadu dan Doa Bersama, di Alun-alun Sidoarjo, Sabtu (23/6) malam. Apel Siaga ini dalam rangka persiapan Patroli Pengawasan Pilgub Jatim 2018.

Kegiatan yang digelar mulai pukul 19.00 WIB ini, diikuti oleh 2.887 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), 349 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), dan 54 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) serta jajaran Panwaslu Sidoarjo.

“Juga dihadiri perwakilan ormas, OPD dan pihak terkait lainnya,” cetus anggota Panwaslu Sidoarjo, Jamil SH, MH, Sabtu (23/6) sore.

Jamil menjelaskan, Apel Siaga ini juga bakal dihadiri anggota Bawaslu RI, Mochammad AfifudinS.Thi, MSi, Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, Bawaslu Jatim dan Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji. “Ini sebagai kesiapan untuk menjalankan tugas pengawasan di Pilgub Jatim 2018,” beber Divisi SDM dan Organisasi Panwaslu Sidoarjo ini.

Kata dia, Apel Siaga ini juga sebagai pengingat bahwa pelaksanaan Pilgub Jatim 2018 di Sidoarjo diawasi oleh stuktural pengawasan, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, tingkat desa, hingga TPS.

“Dan harapannya, pemilihan berjalan adil, tidak ada pelanggaran dan dilaksanakan sesuai aturan,” tandas pria berlatar belakang akademisi ini.

Ketua Panwaslu Sidoarjo, M Rosul menambahkan Apel Siaga sebagai persiapan Patroli Pengawasan yang bakal dilakukan selama masa tenang. "Tujuannya mencegah potensi terjadinya pelanggaran khususnya politik uang dan mobilisasi ASN (Aparatur Sipil Negara)," cetus Rosul kepada BANGSAONLINE, Sabtu (23/6) sore.

Apel Siaga juga sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi aktif pengawasan oleh masyarakat terhadap jalannya Pilgub Jatim pada 27 Juni 2028 nanti. "Ada prinsip, semakin banyak pihak yang mengawasi, semakin terbatas ruang gerak pihak yang mau melakukan pelanggaran," tandasnya.

Kegiatan yang juga dihadiri perwakilan ormas dan OKP ini juga sebagai bersama untuk saling menjaga suasana kondusif, baik jelang maupun pasca hajatan Pilgub Jatim 2018. (sta/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO