Pasukan TMMD Normalisasi Waduk Ngampel

Pasukan TMMD Normalisasi Waduk Ngampel Personel TNI mulai mengerjakan proyek peningkatan Waduk Ngampel. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pasukan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-102 mengerjakan proyek normalisasi Waduk Ngampel Kecamatan Balongpanggang, Kamis (12/7/2018).

Normalisasi waduk tersebut dimaksudkan selain untuk menampung air hujan, juga mencegah banjir, pembangkit tenaga listrik, serta irigasi pertanian.

Dandim 0817/Gresik Letkol Kav. Widodo Pujianto mengungkapkan, sasaran utama pembangunan fisik TMMD ke-102 tahun 2018 adalah normalisasi waduk, rehabilitasi pintu air waduk, serta peningkatan jaringan irigasi waduk, dan jalan usaha tani Desa Ngampel.

"Program pembangunan itu bermula dari saran dari masyarakat Desa Ngampel. Sebab, letak waduk di sana sangat strategis dekat dengan lahan pertanian dan pusat kehidupan di Desa Ngampel," ujar Dandim.

"Warga minta waduk dinormalisasi karena pemanfaatan waduk kurang maksimal lantaran mengalami pendangkalan. Makanya, Kodim 0817/Gresik selaku satuan kewilayahan menampung aspirasi warga tersebut dan kita tindaklanjuti untuk diajukan ke Pemerintahan Kabupaten Gresik. Alhamduliillah Pemda menindaklanjutinya dan mengapresiasi, sehingga perbaikan waduk ini masuk dalam sasaran pokok TMMD ke-102," sambungnya.

Sementara Kepala Desa Ngampel Abdul Rochim mengucapkan banyak terima kasih kepada Kodim 0817/Gresik bersama Satgas gabungan TMMD ke-102 yang telah menampung aspirasi masyarakat Desa Ngampel untuk ditindaklanjuti dalam program TMMD tahun 2018.

Menurut Abdul Rochim, pelibatan TNI dalam TMMD ke-102 sangat banyak membantu dalam menumbuhkan gotong royong warga dalam mengerjakan proyek tersebut. "Kegiatan TMMD ke-102 yang diselenggarakan di desa kami ini sangat membantu kemajuan desa dan perekonomian warga," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO