Jelang Tutup, 14 Parpol Belum Daftarkan Bacaleg ke KPU Sidoarjo

Jelang Tutup, 14 Parpol Belum Daftarkan Bacaleg ke KPU Sidoarjo TUMPENGAN: Partai Golkar Sidoarjo menggelar tasyakuran jelang mendaftarkan Bacaleg ke KPU, Sabtu (14/7). Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dua hari jelang penutupan pendaftaran Bacaleg pada 17 Juli 2018, 14 Parpol belum menyerahkan berkas ke KPU Sidoarjo. Padahal Parpol telah diberi kesempatan selama 14 hari sejak pendaftaran dibuka 4 Juli 2018 lalu.

Baru dua Parpol yang telah menyerahkan berkas Bacaleg ke KPU hingga Minggu (15/7). Partai Hanura mendaftar pada 13 Juli dan Partai Golkar pada 14 Juli. “Ya, baru Hanura dan Golkar. Lainnya belum,” cetus Ketua KPU Sidoarjo M Zainal Abidin kepada BANGSAONLINE, Minggu (15/7).

Dengan demikian, ada 14 Parpol yang belum mendaftarkan Bacalegnya. Zainal mengaku menyiapkan strategi khusus guna mengatasi penumpukan berkas karena 14 Parpol itu dipastikan mendaftar di hari sisa masa pendaftaran, Senin (16/) dan Selasa (17/7).

Zainal mengaku tidak tahu pasti penyebab Parpol mendaftar ‘mepet’ jelang masa pendaftaran tutup. Namun dugaannya, Parpol masih menuntaskan masalah internal terkait penyusunan Bacaleg. “Bisa jadi juga memilih hari hoki untuk mendaftar,” bebernya.

Meski begitu, dia optimistis semua Parpol mendaftar hingga masa pendaftaran berakhir. Sebab hampir semua Parpol sudah pernah berkonsultasi ke KPU terkait persyaratan Bacaleg. “Kami juga sudah memberikan Bimtek ke Parpol,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Warih Andono optimistis berkas Bacalegnya diterima oleh KPU. “Dalam seminggu ini, kami hampir tidak pernah tidur untuk menyiapkan berkas Bacaleg,” cetusnya jelang mendaftar ke KPU Sidoarjo, Sabtu (14/7).

Warih mentarget bisa meraih 8 kursi di DPRD Sidoarjo, pada Pemilu 2019. Saat ini, Golkar memiliki 5 dari 50 kursi DPRD Sidoarjo. Di daftar Bacaleg Golkar ini, kelima anggota dewan itu kembali maju. Empat maju DPRD kabupaten, satu maju DPRD Provinsi. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO