Senin, 03 Agustus 2020 19:20

Tak Punya Komputer, Siswa SMA Negeri di Puri Mojokerto Nekat Ikut Olimpiade Informatika

Senin, 13 Agustus 2018 20:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Rochmad Aris
Tak Punya Komputer, Siswa SMA Negeri di Puri Mojokerto Nekat Ikut Olimpiade Informatika
Akhmad Rizal saat proses pendidikan.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Akhmad Rizal Arifudin, siswa SMAN 1 Puri Mojokerto akan bertanding kembali di ajang perlombaan olimpiade sains bidang Informatika atau komputer di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), September mendatang. 

Sebelumnya Akhmad telah mewakili sekolahnya di ajang yang sama sebanyak 3 kali di tahun 2016 dan 2017.

"Saya berhasil membawa pulang gelar juara di tiga ajang itu. juara pertama saya raih pada perlombaan wilayah Kabupaten Mojokerto, serta wilayah kota dan kabupaten Mojokerto. Yang terakhir saya mendapat juara ke 3 tingkat provinsi oliampiade algoritma dan programing di Unair," kata dia saat diwawancarai, Senin (13/8).

Rizal, sapaan akrabnya menjelaskan secara ringkas mengenai perlombaan komputer yang sering ia ikuti. Lomba yang bagi Rizal cukup rumit itu memadukan dua unsur ilmu yakni pemrograman dan matematika logika. 

"Kami membaca program pascal dan menghitung secara manual. Kami menggantikan peran komputer yang serba instan. Saat lomba, Kami diberi waktu 120 menit untuk menyelesaikan 40 soal," jelasnya.

Uniknya, di sekolah Rizal tak pernah terpikir untuk terjun di dunia pemrograman dan matematika logika. Sebab, mulanya ia lebih berminat mendalami ilmu fisika. 

"Saya dulu suka dengan pelajaran fisika. Tetapi di tengah perjalanan saya merasa tak cocok, dan akhirnya banting stir mendalami ilmu anti mainstream pemrograman dan matematika logika," cetus Rizal.

Selain itu, tak ada fasilitas yang mendukung Rizal untuk belajar. Sampai saat ini Rizal tak memiliki komputer ataupun laptop. Tapi dirinya tak patah semangat, karena ia meyakini bahwa fasilitas hanya penunjang saja bukan sebagai penentu nasib. 

"Tak ada laptop saya memanfaatkan gawai untuk mencari cara-cara memprogram dan belajar soal matematika logika di internet. Pertamanya otodidak, di sekolah ada ekskul teknologi. Dari sana saya diajarkan untuk mempelajari program pascal oleh guru pembimbing dan alumni," ungkap Rizal.

Sementara itu, guru pembimbing matematika logika bernama Dhini Marliyanti menyebutkan, Rizal adalah anak yang tekun dalam belajar dan pandai. 

"Rizal awalnya sudah belajar sendiri, saya hanya menambah-nambahi soal saja ketika latihan," sebutnya.

Minggu depan, Dhini berencana akan mengitensifkan melatih Rizal matematika logika. Sebab, Matematika Logika tak cukup mengandalkan rumus saja melainkan juga menggunakan nalar. Ia berharap Rizal bisa membawa pulang gelar keempat. 

"Belajarnya seminggu 3 kali. Semoga Rizal bisa juara," harapnya. (ris/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...