Hadiri Wisuda ke-15 Unisla, Khofifah Ajak Sarjana Kreatif dan Siap Bersaing di Dunia Kerja

Hadiri Wisuda ke-15 Unisla, Khofifah Ajak Sarjana Kreatif dan Siap Bersaing di Dunia Kerja Khofifah bersama Rektor Unisla.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur terpilih, Indar Parawansa mengajak 1.143 wisudawan Universitas Islam Lamongan (Unisla) untuk kreatif di era ekonomi global.

“Saya juga ingin mengajak, khususnya untuk para wisudawan-wisudawati, lebih kreatif dan siap bersaing di dunia kerja,” kata dalam orasi ilmiahnya di Unisla, Sabtu (1/9) kemarin.

yang hadir bersama Bupati Lamongan Fadeli, Wabup Kartika Hidayati, dan Ketua BNSP H Sumarna F Abdurahman, meminta wisudawan untuk bersaing. “Pada waktu yang sama kita berada pada era kompetisi,” ucapnya.

Sebab, kata , pada era kompetisi ini terdapat produktivitas, ada etos kerja, dan ada daya saing ketika masuk pada era revolusi industri 4.0.

“Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, kita memerlukan inovasi, karena dengan inovasi itulah akan muncul daya saing yang semakin hari semakin cepat,” tuturnya.

Ia pun menekankan bahwa daya saing Indonesia membutuhkan pondasi SDM yang kokoh. Apalagi, di era digital ini semua kegiatan ekonomi dunia saat ini telah menggunakan dukungan internet, sebagai media interaksi dan transaksi.

“Saya ingin menyampaikan bahwa e-payment akan menjadi bagian dari transparansi dari seluruh proses pembelanjaan keuangan, monitoring keuangan. Jadi bisa dimonitor setiap waktu,” ujarnya.

Bahkan, mantan Menteri Sosial ini menyebut, di era baru investasi digital secara global kemungkinan akan ada 1 sampai 1,5 miliar pekerjaan di tahun 2015 sampai 2025, yang akan tergantikan oleh digitalisasi.

Meski ada ancaman itu dan adanya pengangguran sarjana sekitar 7 juta orang, ia mendoakan wisudawan Unisla bisa segera mendapatkan pekerjaan secara profesional atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

“Mudah-mudahan sekarang yang diwisuda oleh Unisla, Allah segera memberikan peluang kerja yang profesional,” ujar berharap. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO