Terinspirasi Pemkot Surabaya, Wali Kota Mojokerto Sasar Sekolah Terapkan Urban Farming

Terinspirasi Pemkot Surabaya, Wali Kota Mojokerto Sasar Sekolah Terapkan Urban Farming Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari ketika meninjau program Urban Farming di SMPN 1 Kota. foto: YUDI EP/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Program pertanian sekolah urban farming tampaknya menarik perhatian Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. Orang nomor satu di Pemkot Mojokerto tersebut turun ke SMPN 1 setempat untuk meninjau langsung program yang dimulai awal tahun ini.

Didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik), Amin Wachid, Ning Ita, sapaan Ika Puspitasari mengecek ribuan benih buah yang ditanam di taman sekolah.

"Untuk ke depannya nanti tidak hanya bunga, karena kalau bunga kan hanya dilihat keindahannya saja. Tetapi kalau sayur, selain sedap dipandang juga ada manfaat lain yang bisa dipelajari siswa yakni cara bertanam yang baik dan benar. Sehingga ada nilai ekonomi yang bisa dihasilkan meski rupiahnya belum besar," ujarnya, Senin (1/4).

Wali Kota menyebutkan, gagasan program ini dicanangkan mulai awal 2019 dengan dipandu tenaga ahli yang berpengalaman. Program ini menyasar sekolah dasar (SD) hingga sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) di Kota Mojokerto.

"Semangat dari program ini adalah penghijaun kota. Kita ingin kota ini menjadi indah, rindang, dan teduh dengan ribuan taman kota," katanya.

"Untuk tahun ini, mungkin kalau saya harus menyulap taman-taman belum ada di perencanaan anggaran. Tapi untuk anggaran ke depan akan kita masukkan," janjinya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat dirinya berkunjung ke Pemkot Surabaya selama dua hari, ia melihat gedung di setiap lantainya ada urban farmingnya. "Jadi ketika pegawai mungkin jenuh menghadapi kertas-kertas, komputer, dan laptop-laptop, bisa keluar ke teras bersantai melihat tanaman sayur yang segar, sehingga pikiran bisa fresh," jelasnya.

Ia menuturkan, program yang dicanangkannya saat ini ternyata sama dengan apa yang dilihat hasilnya di Surabaya kemarin. "Tapi di Pemkot Surabaya sudah tertata ya. Jadi, ke depan kita ingin mengadopsi program itu," pungkasnya.

Seperti diketahui, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Mojokerto merintis usaha pertanian bermutu tinggi dengan mengenalkan sejumlah program pertanian, yang selama ini terkesan dipandang sebelah mata. (yep/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peduli di Tengah Pandemi Covid-19, Wali Kota Mojokerto Gelontorkan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO