Kesenian Kediri Ramaikan GSBD di Taman Budaya Jatim

Kesenian Kediri Ramaikan GSBD di Taman Budaya Jatim Kadisbudpar Provinsi Jawa Timur, Sinarto, S.Kar, MM didampingi Plt Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur Drs. Edi Iriyanto, M.M saat meninjau stan. foto: DEVI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gelar Seni Budaya Daerah (GSBD) dari Kabupaten Kediri dengan tema “Kediri Bumi Panji Amestuti Budaya Leluhur, Angesthi Misuwur” hadir di Taman Budaya Jawa Timur, Jalan Gentengkali 85 Surabaya.

Selain dramatari dan ketoprak juga disajikan Tari Gambyong Dhoko, Jaranan, serta pameran produk unggulan serta bazaar kuliner khas Kediri. Masyarakat maupun wisatawan bisa langsung datang dan melihat pertunjukannya tanpa dipungut biaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Sinarto, S.Kar, MM, menuturkan, ini peristiwa bulanan yang jadi pasar atau ajang kabupaten/kota untuk memamerkan sekaligus memasarkan produk-produk mulai kesenian maupun kebudayaan sampai dengan handycraft-nya dari UMKM dan sebagainya.

“Kabupaten Kediri mempunyai kelebihan produk-produk UKM termasuk kesenian seperti, sendratarinya, yang tentunya mengeksplor cerita Kediri. Kita berharap ini sebagai tempat untuk mencoba memamerkan produk-produk unggulan daerah,” ujar Kadisbudpar Jatim kepada wartawan, Jumat (12/4).

Sinarto juga menerangkan, ke depan yang diundang sebagai penonton tidak sekadar apresiator penonton biasa tapi penonton yang mempunyai nilai ekonomi. "Artinya penjual-penjual dari plaza-plaza kita kenalkan. Termasuk untuk kepariwisataan juga," terangnya. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO