Gandeng BI dan BNN, J-Scook Berikan Edukasi Tentang Uang Palsu dan Bahaya Narkoba

Gandeng BI dan BNN, J-Scook Berikan Edukasi Tentang Uang Palsu dan Bahaya Narkoba Narasumber dari Bank Indonesia saat memberikan materi tentang mengenal ciri-ciri uang asli.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Komunitas jurnalis penggemar sepeda motor scooter yang tergabung dalam Jurnalist Scooter Kediri (J-Scook) menggandeng Bank Indonesia Perwakilan Kediri mengajak pelajar di Kota Kediri untuk mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah.

Sosialisasi dalam rangka 1 tahun berdirinya komunitas J-Scook ini menghadirkan narasumber dari Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kediri Oki Haricintiono dan Ridho Wiranata dari Unit Pengelolaan Uang Rupiah.

Dalam seminar ini, Oki dan Ridho mengungkapkan pada peserta cara untuk mengetahui keaslian uang rupiah. BI mengimbau untuk melakukan langkah 3D, yakni diterawang, diraba dan dilihat. Ini adalah salah satu strategi bagaimana cara memastikan keaslian uang rupiah.

Sementara untuk menjaga keawetan uang rupiah yang beredar di masyarakat, masyarakat diminta untuk tidak melakulan lima D. Jangan diremas, dilipat, dibasahi, dicoret, dan distaples. Hal ini adalah salah satu program BI dalam menjaga keawetan uang, karena Indonesia salah satu negara yang boros dengan uang baru.

"Untuk menjaga umur uang agar kebih panjang serta agar anggaran pencetakan uang tidak terus terlalu boros," terang dua narasumber.

Simak berita selengkapnya ...