Kopi Kapiten Sudah Dikenal Dunia Internasional

Kopi Kapiten Sudah Dikenal Dunia Internasional Bupati Pasuruan H. M. Irsyad Yusuf (dua dari kiri), Ketua DPRD Sudiono Fauzan (dua dari kanan) saat ngopi bareng di Festival Pasuruan Always Fresh, Ahad (6/10).

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten ke-1090, Pemkab menggelar festival Always Fresh, Ahad (6/10). Salah satu tujuannya, untuk mempromosikan kopi khas , yakni " Kapiten".

" kapiten ini pemasaranya sudah sampai ke Prancis," terang Bupati Irsyad Yusuf kepada BANGSAONLINE.com di lokasi acara, Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, , Ahad (6/10).

Irsyad memaparkan, selain Prancis, Kapiten ini juga sudah diekspor ke Jepang, Belanda, dan negara lain.

Namun meski sudah masuk pasar luar negeri, masih banyak warga mengetahui adanya Kapiten. Untuk itu, Irsyad berkeinginan mengembangkan Kapiten terlebih dahulu di wilayah sendiri. "Sebab masyarakat pasuruan sendiri masih ada yang belum bisa menikmati Kapiten itu sendiri. Harapan dari masyarakat supaya setiap kecamatan itu ada kedai Kapiten. Lebih-lebih jika Kapiten menyebar di toko yang ada di wilayah Kabupaten ," katanya.

"Ya tentunya proses itu bertahap, tidak serta merta langsung kita adakan. Kita juga upaya melakukan pembinaan kepada petani kopi, bagaimana cara, merawat, mengolah, membungkus, dan sebagainya itu harus perlu tahapan," tutur Irsyad.

Dia berharap juga masyarakat mendukung program pemerintah. "Ayo lah, kita dukung bersama. Jangan hanya bisa ngritik, tapi bagaimana sekiranya bisa memberi manfaat. Kritik boleh kalau memang ada kebijakan yang salah," kata Irsyad.

Festival Always Fresh itu sendiri diikuti oleh 60 peserta barista (peracik) dari berbagai wilayah Jawa Timur. Di antaranya dari Mojokerto, Jember, Surabaya, Malang, Ngawi, dan wilayah lainnya. (afa/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO