Gandeng PT. Multi Bintang dan Bank Sampah, 2.500 Relawan Aliansi Air Mojokerto Bersih-bersih Sungai

Gandeng PT. Multi Bintang dan Bank Sampah, 2.500 Relawan Aliansi Air Mojokerto Bersih-bersih Sungai Para relawan aliansi air saat bersih-bersih sampah Sungai Cumpleng.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 2.500 relawan gabungan dari Aliansi Air , PT. Multi Bintang, dan Bank Sampah  menggelar aksi bersih-bersih sungai dan program edukasi tata kelola sampah, Kamis (7/11). Kegiatan ini bagian dari gerakan tiga tahun memulihkan kebersihan sungai yang ada di kawasan .

Lokasi bersih-bersih sungai di antaranya adalah Sungai Cumpleng yang merupakan anak sungai dari .

“Sungai adalah sumber kehidupan yang penting, tetapi belum sepenuhnya terlindungi dengan baik. Aliansi Air bersama Multi Bintang selalu berkomitmen untuk melindungi sumber daya air di mana pun kami beroperasi. Kami percaya gerakan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat di , tetapi juga bagi jutaan orang di Jawa Timur,” kata Ika Noviera, Corporate Affairs Director PT Multi Bintang Indonesia Tbk, di , Kamis (07/11).

Untuk mendorong gerakan tiga tahun ini, Aliansi Air dan Multi Bintang menggelar aksi penggalangan dana lewat platform KitaBisa.com untuk mengundang partisipasi masyarakat Indonesia agar mendukung perjalanan Sungai Cumpleng menjadi bersih kembali.

Sebagai bagian dari penggalangan dana, pada tanggal 7 November 2019, para relawan aliansi air dan 12 karyawan Multi Bintang melakukan lari estafet River2River sepanjang 88 km dari Sungai Cumpleng dan dua sungai lainnya di dalam tiga hari. Di waktu yang bersamaan, ribuan relawan Aliansi Air dan Bank Sampah akan membersihkan sampah di sungai dan edukasi tata kelola sampah di sepanjang rute. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan sungai.

Donasi ini akan berkontribusi untuk instalasi jebakan sampah bambu di sungai, kegiatan bersih-bersih sungai bank sampah, dan program pendidikan pengelolaan sampah di Sungai Cumpleng selama tiga tahun yang dilakukan oleh Aliansi Air dan Bank Sampah . Target pendanaan yang ingin dicapai adalah sebesar 1 miliar rupiah.

“Untuk setiap 250 juta rupiah yang terkumpul, Yayasan Sahabat Multi Bintang akan menambah 100 juta rupiah lagi untuk inisiatif ini,” kata Ika.

Menurut Ika, Indonesia memiliki sistem sungai yang beragam di seluruh negeri. Sungai-sungai mengakomodasi kebutuhan masyarakat untuk transportasi dan penggunaan air rumah tangga, terutama untuk memasak. Selain itu, ikan dari sungai juga merupakan sumber pasokan makanan bagi masyarakat.

“Masyarakat menggunakan air dari sungai untuk memenuhi kebutuhan hidup dan memasak sehari-hari. Sungai yang bersih dan jernih adalah anugerah dari alam tetapi kita kehilangannya sekarang. Pengetahuan yang tidak memadai tentang tata kelola sampah adalah alasan mengapa kondisi sungai menjadi seperti ini,” kata Gangsar salah satu pendiri Aliansi Air , 7 November 2019. (ris/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO