Pemkot Pasuruan Gelar Lokakarya Mini Kampung KB

Pemkot Pasuruan Gelar Lokakarya Mini Kampung KB Sekretaris Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. ketika memuka lokakarya. foto: ARDIANZAH/ BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) menyelenggarakan Lokakarya Mini Kampung KB Tingkat Kecamatan mulai Jumat (22/11) di Hotel Transit Kota Pasuruan.

Dalam sambutan pembukaan acara, Sekretaris Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. memaparkan enam faktor keberhasilan utama kampung KB. Meliputi komitmen yang kuat dari pemangku kebijakan disemua tingkatan, meningkatkan jumlah program lintas sektor di kampung KB, meningkatnya capaian program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Selain itu juga optimalisasi fasilitas dan dukungan dari mitra/stakeholder, semangat dan dedikasi pengelola program KKBPK di lini lapangan penyuluh keluarga berencana (PKB), institusi masyarakat perkotaan (IMP) dan PKK serta partisipasi aktif masyarakat.

Acara juga dihadiri perwakilan DP3AKB Provinsi Jawa Timur, Kepala OPD Se-Kota Pasuruan, Camat dan Lurah Wilayah Kampung KB se-Kota Pasuruan, Ketua Pokja, Ketua Seksi Kampung KB, Penyuluh KB serta undangan lain.

Plt. Kepala DP3AKB Kota Pasuruan Ir. Sugiarti, M.Si mengatakan, lokakarya mini kampung KB tingkat Kecamatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan, keluarga berencana (KB) dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan koordinasi dan peran serta dalam mendukung tumbuh kembang kampung KB. Peserta lokakarya mini kampung KB tingkat Kecamatan ini berjumlah 75 orang, terdiri dari Kepala OPD sebanyak 7 orang, Camat sebanyak 4 orang, Lurah wilayah kampung KB sebanyak 4 orang, Ketua Pokja kampung KB sebanyak 4 orang, Ketua seksi kampung KB sebanyak 32 orang dan penyuluh KB sebanyak 24 orang,” rinci Ir. Sugiarti, M.Si.

Diharapkan lintas sektor terkait OPD agar bersinergi atau terintegrasi yang tertuang dalam surat keputusan Walikota Pasuruan tentang kelompok kerja kampung KB Kota Pasuruan yang ditanda tangani pada Tahun 2016. (ard/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO