SMAN Sooko Raih Adiwiyata Mandiri Nasional

SMAN Sooko Raih Adiwiyata Mandiri Nasional Kepala SMAN Sooko Drs. Nurhidayat M.M.Pd

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Setiap tahun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan lomba lingkungan sehat sekolah yang dinamakan Lomba Adiwiyata Nasional. Pengertian Adiwiyata sendiri adalah merupakan pendidikan lingkungan hidup.

Adapun sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berwawasan lingkungan. Adiwiyata sekolah dapat mendukung proses pembelajaran yang baik, karena ditunjang dengan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, dan nyaman.

Menjelang akhir tahun 2019 ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Salah satu sekolah mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri adalah SMAN Sooko, Mojokerto.

Kepala Sekolah SMAN Sooko Drs. Nurhidayat M.M.Pd menyampaikan bahwa, dia bersama seluruh elemen SMAN Sooko mengaku sangat bersyukur dengan diraihnya Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional dari Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan.

\Usaha keras dari semua pihak dalam menciptakan sekolah berwawasan lingkungan sehat dapat tercapai dengan diperolehnya Sekolah Adiwiyata Mandiri. Menurut Nurhidayat, dengan menciptakan sekolah Adiwiyata, sebagai upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapat ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan, serta menciptakan kelulusan pelajar berprestasi disegala bidang dan berbudi pekerti baik.

"Sebenarnya sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas sekolah maupun pelajar sekolah ini, dalam menjaga kebersihan serta kenyamanan sekolah dan mentaati tata tertib sekolah. Berbagai perbaikan maupun pembangunan segala sarana prasarana sekolah telah terwujud dan memadai. Sehingga, dapat menciptakan sekolah berwawasan lingkungan sehat serta menciptakan proses pembelajaran yang baik," jelas Nurhidayat, Selasa (17/12).

Nurhidayat menambahkan, Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diberikan oleh KLH RI kepada sekolah yang dinilai telah mampu mengaktualisasikan budaya lingkungan di semua aspek kegiatan sekolah dalam rangka meningkatkan peran warga sekolah.

Imron, salah satu orang tua pelajar SMAN Sooko mengaku bangga dengan prestasi yang diperoleh sekolah tempat anaknya belajar. Ia menilai, prestasi itudapat mempengaruhi nilai positif proses belajar mengajar di sekolah SMAN Sooko. "Prestasi tersebut menambah anak anak lebih berprestasi, dan para orang tua jadi bangga," kata Imron, (17/12). (ris)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO