Tes Urine di SMAN 2 Kota Batu, BNN Sebut Ada Siswa Positif Zat Penenang

Tes Urine di SMAN 2 Kota Batu, BNN Sebut Ada Siswa Positif Zat Penenang Ratusan siswa kelas X SMAN 2 Batu menjalani tes urine yang dilakukan oleh BNN Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Guna mendeteksi dini penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, BNN Kota Batu atas permintaan Kepala SMA Negeri 2 Batu melakukan tes urine kepada sekitar 344 siswa kelas X, Selasa (7/1).

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun pelajaran baru. Sasarannya adalah siswa kelas X. Tujuannya tiada lain dalam rangka mendetekai dini penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa," ujar Siti Aminah, S.Pd, Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMA Negeri 2 Batu kepada BANGSAONLINE.com.

Sementara itu, Edy HK, Kasi P2M BNN Kota Batu menegaskan, tes urine ini dilakukan sebagai tindak lanjut program nasional deteksi dini penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

"Tes urine ini kami lakukan di seluruh SMA dan SMK di Kota Batu. Kami ingin melakukan deteksi dini tentang penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa. Paling tidak, pelajar yang sudah dites bisa mengerti keadaan dirinya," ujar Edy HK.

Dijelaskan, kegiatan tes urine ini juga sejalan dengan rencana aksi nasional pencegahan penyalahgunaan narkoba sesuai Inpres nomor 16 tahun 2018, perwali nomor 18 tahun 2018, dan pergub, bahwa lembaga pendidikan harus bebas dari narkoba.

Diungkapkan, berdasarkan hasil tes urine di kalangan pelajar, BNN menemukan zat Benzo dan Thc. Zat itu biasanya untuk penenang. Kepada mereka yang positif terdeteksi narkoba langsung diberikan pembinaan oleh BNN Kota Batu.

"Bagi pelajar yang positif terdeteksi narkoba langsung dilakukan assessment konseling. Selanjutnya mereka dibimbing oleh BNN untuk meninggalkan perilaku menyimpang itu," ungkapnya. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO