Kiai Asep, Kiai Besar Berpikiran Besar, Selamat Prof

Kiai Asep, Kiai Besar Berpikiran Besar, Selamat Prof Dahlan Iskan. foto: istimewa

Oleh: Dahlan Iskan

BANGSAONLINE.com - Inilah kiai besar bin kiai besar yang berpikiran besar: Prof. DR. KH Asep Saifuddin Chalim, MA. Saya beberapa kali bertemu beliau. Beliau tidak banyak bicara tapi seperti lebih banyak berpikir. Dan lebih banyak lagi berbuat nyata. Banyak sekali orang besar yang berpikir besar dan omong besar. Tapi kalau sudah diajak bicara detail terlihat ketidakpeduliannya. Ups... Bukan tidak peduli tapi tidak tahu. Atau tidak tahu dan tidak peduli.

(Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat menerima silaturahim Prof Dr Mahfud MD di kediamannya di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Jl Siwalankerto Surabaya. foto: M. Mas'ud Adnan/ bangsaonline.com) 

Tapi Kiai Asep tidak seperti itu. Beliau berpikir besar, melakukan hal-hal yang besar, namun juga memperhatikan yang kecil-kecil. Sampai detail. Itulah kunci sukses Kiai Asep. Di bidang pendidikan. Sukses dalam bentuk kualitas, kwantitas sampai ke stratanya. Pondok pesantrennya besar sekali. Luas sekali. Di daerah yang sangat cocok untuk pendidikan: Pacet. Dataran tinggi di pangkuan gunung Arjuno, Mojokerto.

(Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA (paling kanan) saat menerima kunjungan Presiden RI Joko Widodo di lantai atas kediamannya di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur. foto: M Mas'ud Adnan/ bangsaonline.com)

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO