9 Ribu Onthelis Ikut Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri

9 Ribu Onthelis Ikut Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Kediri Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto dan Wakil Bupati Kediri H. Masykuri, saat memberangkatkan peserta Ngonthel Bareng Hari Jadi Kabupeten Kediri dan HUT Prasojo. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya 9 ribu pencinta sepeda tua se-Jawa Bali memadati Lapangan Desa Sumberjo, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Minggu (15/3). Mereka datang untuk ikut memeriahkan acara ngonthel bareng dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1216 dan HUT Prasojo ke-1.

Sebelum peserta diberangkatkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Dodi Purwanto dan Wakil Bupati Kediri, H. Masykuri, digelar upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati.

Wabup H. Masykuri mewakili Bupati dr. Hj.Haryanti Sutrisno, mengatakan bahwa sepeda tua sudah ada sejak zaman penjajahan dan masih digunakan oleh masyatakat sampai sekarang. Bahkan saat ini banyak komunitas sepeda tua yang tumbuh di masyarakat sebagai sarana olah raga dan silahturahim.

"Ngonthel ini, bagian dari sarana berolahraga yang membuat sehat sehingga menguatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka bisa mencegah virus masuk tubuh termasuk virus corona. Juga sekaligus ikut melestarikan budaya," kata Wabup.

Menurut Wabup, Pemkab Kediri mendukung penuh upaya dari komunitas, termasuk Kosti, untuk menggelar kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Kediri, sekarang, dan yang akan datang.

"Semakin banyak komunitas yang secara mandiri menggelar kegiatan di Hari Jadi Kabupaten Kediri, maka akan semakin meriah peringatan Hari Jadi ini. Pemkab akan men-support sesuai dengan kemampuan seperti mempermudah perizinan, dan membantu sarananya," tambah wabup.

Selain ngonthel, panitia juga melakukan penilaian terhadap peserta perorangan maupun kelompok yang berpakaian paling jadul. (uji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO