Tekan Covid-19, Pemkot Surabaya Bersama TNI-Polri Gelar Patroli Skala Besar Sasar Cafe-cafe

Tekan Covid-19, Pemkot Surabaya Bersama TNI-Polri Gelar Patroli Skala Besar Sasar Cafe-cafe Petugas medis saat mengambil sampel darah salah satu pengunjung cafe untuk dilakukan rapid test. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Gabungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Polrestabes dan TNI, menggelar patroli skala besar sebagai upaya preventif untuk menekan penyebaran di Kota Pahlawan, Senin (13/04) malam. Patroli gabungan dilakukan dengan sasaran cafe-cafe yang biasa digunakan nongkrong masyarakat.

Dalam kegiatan itu, selain melakukan sosialisasi physical distancing, tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Linmas, jajaran Polrestabes , TNI, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) ini juga mewajibkan seluruh pengunjung cafe untuk mengikuti rapid test.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan , Eddy Christijanto mengatakan, patroli gabungan yang menyasar ke semua wilayah di ini ke depan bakal terus digelar. Tujuannya, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar sementara waktu tidak mengadakan kegiatan yang sifatnya kumpul-kumpul.

“Sasaran kita adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat supaya tidak lagi mengadakan kerumunan-kerumunan yang sifatnya massal dengan banyak orang, dan sekaligus kita lakukan rapid test,” kata Eddy, Selasa (14/04).

Namun demikian, Eddy menjelaskan, ketika rapid test itu dilakukan hasilnya negatif, orang tersebut dalam dua atau tujuh hari ke depan belum tentu juga negatif . Ia mengatakan, rapid test ini dilakukan sebagai langkah awal untuk mendeteksi orang tersebut apakah saat ini negatif atau terjangkit .

“Menurut Dinkes (Dinas Kesehatan), rapid test bisa berjalan tujuh sampai sepuluh hari orang tersebut bersinggungan dengan orang yang positif. Sehingga dari (hasil) rapid test, belum tentu dua, tiga, atau satu minggu lagi, mereka juga negatif,” jelasnya.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO