Senin, 18 Januari 2021 08:16

Puasa Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 23 April 2020 23:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Didi Rosadi
Puasa Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19
Dr. dr. Sukma Sahadewa, Ketua LKNU Kota Surabaya. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puasa tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Puasa tahun ini berlangsung di tengah pandemi Corona atau Covid-19. Karena itu, banyak yang merasa khawatir berpuasa di tengah pandemi Covid-19. Sebab, dikhawatirkan akan menurunkan imun tubuh yang sangat dibutuhkan untuk menangkal Covid-19.

Namun, kekhawatiran itu dipatahkan oleh Dokter Sukma Sahadewa, Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Surabaya. Menurut pria yang akrab disapa Dokter Sukma itu, dalam kondisi apapun, puasa itu tetap sehat, termasuk di masa pandemi Covid-19.

"Tidak ada masalah puasa di dalam masa pandemi. Berpuasa itu tetap sehat dan menyehatkan tubuh. Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir," tutur Dokter Sukma, saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (23/4).

Doktor Ilmu Kesehatan dari Universitas Brawijaya (UB) Malang itu menjelaskan, puasa itu membuat kesehatan di dalam tubuh kita. Secara otomatis tubuh kita akan memberikan sebuah impuls, diantaranya detoksifikasi.

Sebab, lanjut Sukma, konsumsi yang masuk ke dalam tubuh memiliki ritme yang pas dan tepat waktu. Yakni, sahur dan buka puasa. Selain itu, zat-zat tambahan yang di dalam tubuh karena puasa mengalami sinkronisasi, yaitu pengawet, pemanis, perasa, pewarna.

"Saat puasa, beban ginjal dan lever tidak terlalu berat, karena masuknya zat pengawet, pemanis, perasa, dan pewarna tidak terlalu cepat," urai Dokter asal Ploso Klaten, Kediri ini.

Penggagas program Bakti Shubuh ini mengatakan puasa tidak hanya baik dari segi fisik, tapi juga psikis. Terbukti orang yang berpuasa cenderung lebih sabar dan bisa mengendalikan emosi.

Untuk makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur adalah sayuran, madu, dan kurma. Sedangkan yang sebaiknya dihindari adalah makanan yang mengandung minyak seperti gorengan.

"Terpenting di waktu malam dan sahur perbanyak minum air putih. Dengan begitu tubuh tidak mengalami dehidrasi," pungkas kader muda NU itu. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...