Sabtu, 16 Januari 2021 04:00

Awal Puasa Kali ini Suhu Udara Semakin Panas, Begini Penjelasannya

Jumat, 24 April 2020 13:00 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Awal Puasa Kali ini Suhu Udara Semakin Panas, Begini Penjelasannya
Ilustrasi.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Awal puasa kali ini, masyarakat akan dihadapkan kenaikan suhu udara. Menurut Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo, semakin panasnya cuaca merupakan dampak musim pancaroba.

"Soal suhu panas ini, sebagai dampak adanya pancaroba yang akan berlangsung April hingga Mei nanti," kata Didik sebelum mengikuti rapat di kantor Bupati Pacitan, Jumat (24/4).

Didik mengatakan, pancaroba berpotensi mendatangkan badai tropis. Oleh sebab itu, ia mengimbau masyarakat lebih waspada dan berhati-hati. Utamanya para nelayan yang melaut. "Potensi terjadinya badai tropis sangat memungkinkan," jelasnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prediksi bahwa awal musim kemarau di Indonesia tahun ini akan berlangsung sekitar April dan Mei.

Pada bulan April hingga Mei ini, suhu permukaan laut di wilayah Indonesia terpantau masih cenderung hangat.

Suhu permukaan laut akan berangsur lebih hangat lagi di perairan di wilayah antara Samudera Indonesia dan perairan utara Australia. Hal ini menandakan dinamika suhu permukaan laut di perairan ini masih berpotensi dan sesuai untuk tumbuhnya badai tropis.

Berdasarkan catatan Pusat Peringatan Badai Tropis Jakarta (Jakarta Tropical Cyclone Warning Center) di BMKG, terdapat peluang secara statistik terjadinya badai tropis. Pada bulan April, peluang badai tropis di perairan selatan Indonesia mencapai 11 persen, dan akan menurun menjadi 3 persen di bulan Mei.

BMKG juga mencatat terdapat pola musiman atas jumlah badai tropis yang tumbuh di perairan sekitar Indonesia. Di antaranya pada periode bulan Desember hingga April umumnya badai tropis terjadi di perairan Selatan Indonesia. 

Sedangkan pada periode bulan Juli hingga November, umumnya terjadi di perairan sebelah Utara wilayah Indonesia.

Menghangatnya lautan dapat memicu badai lebih mudah untuk tumbuh atau dapat menjadi sumber kekuatan badai sehingga lebih destruktif. (yun/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 11 Januari 2021 16:42 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Kerusuhan politik yang dilakukan pendukung fanatik Presiden Donald Trump menelan banyak korban jiwa. Setidaknya, empat pendukung Trump dan dua polisi dikabarkan meninggal dunia terkait aksi demo anarkis di Gedung Cap...
Jumat, 15 Januari 2021 23:19 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...