Kamis, 15 April 2021 00:33

Pondok Pesantren Lirboyo Masih Liburkan Santrinya

Sabtu, 06 Juni 2020 21:21 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Pondok Pesantren Lirboyo Masih Liburkan Santrinya
KH. Abdul Muid, salah satu pengasuk Pondok Pesantren Lirboyo saat memberi keterangan kepada wartawan, Sabtu (6/6).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Di tengah pandemi Covid-19 ini dan persiapan New Normal, Pondok Pesantren (PP) Lirboyo, Kota Kediri, masih meliburkan santrinya sampai pertengahan bulan Juli 2020. Mestinya sesuai jadwal, tanggal 20 Juni 2020 ini proses kegiatan belajar-mengajar sudah dimulai.

KH. Abdul Muid, salah satu pengasuk Pondok Pesantren Lirboyo mengatakan bahwa kegiatan belajar mengajar di Pondok Pesantren Lirboyo akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Juli 2020, mundur satu bulan. Saat ini para santri masih berada di rumah dan diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

"Setelah masa isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing, para santri secara bertahap akan masuk. Untuk tahap pertama ini, santri yang masuk hanya 10 persen saja. Setibanya di Pondok, santri-santri itu akan dilakukan isolasi lagi di gedung-gedung yang sudah disiapkan," kata Gus Muid, seuasi menerima kunjungan Gubernur Jawa Timur, Hj. Khofifah Indar Parawansa dan Forkopimda Jatim ke Ponpes Lirboyo, Sabtu (6/6).

Terkait dengan kunjungan Gubernur Jawa Timur sendiri, Gus Muid menjelaskan tujuannya ingin bersilahturahim dengan masyayih Pondok Pesantren Lirboyo, sekaligus ingin mendengarkan paparan Pesantren Tangguh yang digagas oleh Polres Kediri Kota. Pondok Pesantren Lirboyo akan dijadikan percontohan bagi Pondok Pesantren lainnya.

BACA JUGA : 

Libur Tahun Ajaran Baru, ​15 Ribu Santri Lirboyo Kediri Dipulangkan ke Daerah Asal Masing-Masing

Pondok Pesantren Pari Ulu Kediri Panen Raya Kurma Deglet Noor dari Tunisia

Bupati Kediri Hadiri Tasyakuran Gedung BLKK di Pondok Pesantren Hidayatul Muta’allimin

Konflik Internal, 70 Santri di Ngadiluwih Terlantar

Terkait dengan kunjungan Gubernur Jawa Timur sendiri, Gus Muid menjelaskan tujuannya ingin bersilahturahim dengan masyayih Pondok Pesantren Lirboyo, sekaligus ingin mendengarkan paparan Pesantren Tangguh yang digagas oleh Polres Kediri Kota. Pondok Pesantren Lirboyo akan dijadikan percontohan bagi Pondok Pesantren lainnya.

Sebelumnya, Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo, KH. Addulloh Kafabihi Mahrus telah membacakan Maklumat Pondok Pesantren Lirboyo, tertanggal 28 Rajab 1.441 Hijriyah / 16 Mei 2020. Dalam surat maklumat itu, ada lima poin penting untuk diketahui seluruh santri Lirboyo.

Salah satunya berisi larangan kepada semua santri, baik di pondok induk dan unit untuk kembali ke pesantren, sampai ada pengumuman resmi dari pihak pesantren. Selain itu, Ponpes Lirboyo juga meniadakan kegiatan Halal Bihalal untuk tahun ini. Agenda ini biasanya digelar beberapa hari setelah Idulfitri, baik di kompleks Ponpes Lirboyo maupun digelar para alumni di masing-masing daerah.

Sebagaimana diketahui, Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri merupakan salah satu pondok pesantren terbesar di Jatim. Ponpes yang dipimpin KH. M. Anwar Manshur ini, memiliki jumlah santri cukup banyak, yakni sekitar 28 ribu santri berasal dari berbagai daerah di Indonesia. (uji/rev)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...