Risma Persilakan Gugus Tugas Covid-19 Jatim Pakai Ruang Isolasi RS Husada Utama

Risma Persilakan Gugus Tugas Covid-19 Jatim Pakai Ruang Isolasi RS Husada Utama Wali Kota Risma saat mengikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Masa Transisi Menuju New Normal Wilayah Surabaya Raya di Mapolda Jatim, Minggu (21/6/2020) malam. (foto: ist).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Tri Rismaharini mempersilakan Gugus Tugas Provinsi Jawa Timur memanfaatkan ruang isolasi khusus pasien Covid-19 di Rumah Sakit Husada Utama .

Hal itu disampaikannya saat menjawab keluhan Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Heru Tjahjono soal kapasitas ruang isolasi di RSU dr. Soetomo yang penuh. Saat itu, Sekda Heru menanyakan kepada Wali Kota Risma, apakah bisa ruang isolasi di RS Husada Utama dimanfaatkan untuk pasien RSU dr. Soetomo.

"Di RS Husada Utama ada 200 (bed) itu belum pernah dipakai. Kami sudah belikan bed 280. Silakan dengan senang hati jika ditempati," kata Risma di sela mengikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Masa Transisi Menuju New Normal Wilayah Raya di Mapolda Jatim, Minggu (21/6/2020) malam.

Rapat evaluasi itu, dihadiri oleh Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Jawa Timur, Gugus Tugas Covid-19 Jatim, Kepala Daerah, dan sekaligus Gugus Tugas Covid-19 Kota , Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Sidoarjo. Masing-masing kepala daerah itu menyampaikan paparannya terkait upaya penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Risma menyatakan bahwa Pemkot telah menambah kapasitas bed ruang isolasi khusus pasien Covid-19 di dua rumah sakit rujukan . Kedua rumah sakit itu adalah RS Husada Utama dan RS Siloam Hospital.

"Di RS Husada Utama itu kita berikan 8 ventilator dan 6 ruang ICU itu (saat ini) kosong," terangnya.

Karena itu, Wali Kota Risma mempersilakan kepada Gugus Tugas Jatim menggunakan ruang isolasi di RS Husada Utama itu jika kapasitas di RS dr. Soetomo saat ini sudah penuh.

"Silakan ditempati, karena belum pernah kita tempati itu, kami justru senang. Ada 200 (bed) itu belum pernah kami tempati," ujarnya.

Terpisah, Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 , Febria Rachmanita menyampaikan, Pemkot telah menjalin kerja sama dengan dua rumah sakit di terkait penambahan kapasitas bed di ruang isolasi khusus pasien Covid-19. Dua rumah sakit itu, yakni RS Husada Utama dan RS Siloam Hospital.

Selama ini, Feny-sapaan Febria mengatakan bahwa pasien Covid-19 dan non-Covid-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan itu dilakukan pemisahan kamar. Hal ini juga berlaku bagi pasien Covid-19 dan nonCovid-19 yang dirawat di IGD (instalasi gawat darurat). (ian/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO