Senin, 10 Agustus 2020 18:10

Mas Iin Dorong Desa Dilibatkan untuk Pelestarian Cagar Budaya di Sidoarjo

Kamis, 25 Juni 2020 20:19 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Mas Iin Dorong Desa Dilibatkan untuk Pelestarian Cagar Budaya di Sidoarjo
CAGAR BUDAYA: Achmad Amir Aslichin saat berkunjung ke Candi Dermo di Desa Candinegoro Wonoayu, belum lama ini. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Masyarakat desa perlu dilibatkan dalam upaya pelestarian sejumlah cagar budaya di Sidoarjo. Diketahui, ada sejumlah candi di Sidoarjo yang notabene peninggalan bersejarah dan merupakan cagar budaya.

Pengelolaan candi-candi tersebut di bawah kewenangan Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur. Namun keikutsertaan masyarakat desa untuk bisa menggairahkan obyek wisata itu harus dilakukan. Misalnya Candi Dermo di Desa Candinegoro, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo.

Salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit itu bisa menjadi magnet wisatawan lokal dan mancanegara. “Jika dikelola dan melibatkan masyarakat desa setempat hasilnya akan luar biasa,” kata Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Achmad Amir Aslichin, Kamis (25/6).

Sosok Bacabup Sidoarjo yang karib disapa Mas Iin itu berharap, ke depannya BPCB Trowulan bersama pemerintah desa (Pemdes) dapat bekerja sama dalam pelestarian cagar budaya tersebut. "Potensi dan ikon desa berupa candi harus dilestarikan," harap Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jatim itu.

Anggota Fraksi PKB DPRD Jatim ini ingin agar pembinaan untuk desa terkait pelestarian cagar budaya juga dilakukan. Potensi sejarah yang ada di candi itu bisa jadi daya tarik bagi wisatawan. "Kami ingin peninggalan bersejarah ini diangkat kembali agar anak cucu kita kelak dapat menikmatinya," ucap mantan Ketua Fraksi PKB DPRD Sidoarjo dua periode itu.

Alumnus Universitas Airlangga ini menegaskan, cagar budaya telah dikelola pemerintah sehingga masyarakat desa juga perlu dilibatkan untuk merawatnya demi kemajuan dan pengembangan kebudayaan.

Pengelolaan cagar budaya perlu dikembangkan dan dilestarikan. Tujuannya, nantinya dapat berdaya guna. “Pemdes harus dilibatkan dalam pengembangan cagar budaya ini. Kedepannya dapat memunculkan potensi ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat desa,” jlentreh Mas Iin.

Juru kunci Candi Dermo, Hadi menjelaskan, Candi Dermo dibangun pada tahun 1353 di bawah kepemimpinan Adipati Terung. Katanya, sebenarnya candi ini adalah sebuah gapura atau pintu gerbang, yaitu gapura ke bangunan suci.

Dahulu, di sebelah timur Candi Dermo terdapat bangunan induk yang ukurannya lebih besar. "Namun, seiring berjalannya waktu, bangunan itu lapuk dan akhirnya roboh," ungkap Hadi. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...