Selasa, 14 Juli 2020 06:40

​1.200 Hafidz Hatamkan 200 Kali Al-Quran, Munajat Covid-19 Dihadiri Wagub Jatim

Senin, 29 Juni 2020 09:11 WIB
Editor: MMA
​1.200 Hafidz Hatamkan 200 Kali Al-Quran, Munajat Covid-19 Dihadiri Wagub Jatim
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim dan Dr. Emil Dardak dalam Munajat covid-19 di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, Ahad (27/6/2020) malam. foto: MMA/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.200 penghafal Al-Quran (Hafidz) se-Kabupaten Mojokerto berkumpul di Masjid Raya Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet, Mojokerto, Jawa Timur. Mereka menghatamkan 200 kali al-Quran dalam waktu dua jam.

“Masing-masing peserta membaca 5 juz. Sehingga 6 peserta khatam sekali. Jadi kalau 600 peserta mereka khatam 100 kali,” tutur Prof. Dr. KH, Asep Saifuddin Chalim kepada BANGSAONLINE.com usai acara munajat untuk menghilangkan Covid-19 di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Utara Surabaya, Ahad (28/6/2020) malam.

Menurut Kiai Asep, acara khataman al-Quran itu berlangsung pagi dan sore. “Pagi 600 peserta dan sore 600 peserta,” kata pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto itu sembari mengatakan bahwa di Kabupaten Mojokerto ada perkumpulan penghafal al-Quran yang jumlahnya mencapai 1.300 hafidz. “Tapi yang datang 1.200 hafidz,” jelasnya.

Kiai Asep menjelaskan bahwa khataman al-Quran itu juga bagian dari rangkaian ikhtiar untuk menghilangkan covid-19 dari Indonenesia, terutama Jawa Timur. Kiai Asep lalu mengutip Hadits.

“Menurut teorinya, siapa yang membaca al-Quran sampai khatam maka doanya dikabulkan oleh Allah,” kata Kiai Asep.

Pada malam harinya, Kiai Asep mengundang para kiai untuk Munajat kepada Allah SWT di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya. Dengan imam salat Kiai Asep, para kiai itu menggelar salat malam secara berjamaah sehabis salat Isya’. Salat malam itu 12 rakaat dengan enam kali salam. Lalu salat witir tiga rakaat dengan dua kali salam.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestiato Dardak hadir menjelang salat witir. Usai memberi sambutan, ia meninggalkan tempat, sementara para kiai melanjutkan salat witir, istighatsah dan doa bersama.

Hadir dalam Munajat itu, antara lain: Dr. KH. Ahrar Mukarrom (Ketua Senat Uninsa Surabaya), KH. Muhamad Roziqi (Ketua Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur), Dr. KH. M. Sujak (Kepala Badan Pengelola Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya).

Kemudian KH. Ahyar (Surabaya), KH. Munif (Sekretaris Umum MUI Kota Surabaya), KH. Ahmad Sururi (Ketua Pergunu Jawa Timur), Dr. Zakaria Muhtadi (Direktur Pascasarjana Institut Agama Islam Al-Khoziny Sidoarjo) dan para kiai lain.

Hadir juga Ketua PC Muslimat NU Kota Surabaya, Nyai Hj. Lilik Fadilah, Sekretaris PC Muslimat NU Surabaya Nyai Hj. Fatimah, dan Wakil Ketua Muslimat PCNU Surabaya Nyai Hj Masfufah Hasyim. (MMA)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...