Rabu, 12 Agustus 2020 19:58

​Terjebak di Kota Kediri Karena Pandemi, Dua Pemuda Kreatif Ini Bikin Usaha Sendiri

Jumat, 03 Juli 2020 21:10 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
​Terjebak di Kota Kediri Karena Pandemi, Dua Pemuda Kreatif Ini Bikin Usaha Sendiri
Rizky Sulistya dan Yusa Ridlo saat menunjukkan Mangkusnya.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Meski “terjebak” di Kota Kediri karena adanya pandemi yang berlangsung selama berbulan-bulan hingga tak bisa kembali ke Jakarta lantaran di ibu kota juga sedang berlaku adanya penerapan PSBB, Rizky Sulistya (25), Warga Bandar Lor, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri justru menjadi kreatif dengan membikin usahanya sendiri.

Rizky mengajak Yusa Ridlo (25), merintis usaha ayam beku dengan label Mangkus. Tak disangka, animo masyarakat lumayan tinggi untuk produk ini. Melihat sebuah usaha yang baru dirintis bulan Mei 2020, Mangkus sudah berhasil menjual 35 paket/hari atau sekitar 25kg.

Mangkus termasuk salah satu menu UMKM yang diulas oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar dan istri Wali Kota Kediri, Ferry Silviana Feronica.

“Di Jakarta, saya punya usaha pengiriman ikan beku. Tapi karena PSBB, saya tidak bisa kembali lagi ke Jakarta, apalagi untuk usaha,” kata Rizky, Jumat (3/7/2020).

Berbekal pengalamannya menangani ikan beku, dia mengajak Yusa untuk bersama mendirikan Mangkus. Konsepnya, Mangkus menyediakan ayam siap goreng, sehingga konsumen tak perlu repot membumbui, tinggal menggoreng dan langsung disajikan hangat. Mangkus, sebetulnya dalam padanan bahasa Indonesia adalah efisien.

Yusa yang pernah kuliah di Jember punya kepekaan lidah terhadap masakan Madura, sehingga ia yang bertugas membumbui. Varian produk Mangkus ada 2, yakni ayam ungkep dan bumbu madura. Harganya Rp 37.000 per paket, terdiri dari 1 ayam utuh yang sudah dibumbui dan dipotong 4 bagian dalam kondisi beku, berikut sambal hijaunya.

Adapun untuk mengolahnya, ayam diungkep selama 4 jam agar matang dan bumbu meresap, lalu dimasukkan ke dalam plastik vacuum, kemudian masuk freezer selama 8 jam. Mangkus bisa tahan 2 minggu di suhu beku.

Rizky mengaku sejauh ini pemasarannya melalui media sosial. Ke depannya ingin juga memasukkan ke marketplace. Dia juga melayani pengiriman luar kota dengan kemasan styrofoam, sehingga awet beku sampai di tujuan.

“Ke depan ingin juga frozen olahan lele hingga lobster untuk pemberdayaan peternak dan ibu-ibu rumah tangga sekitar rumah,” kata Rizky.

Dia optimis bahwa produknya masih banyak dibutuhkan. Dalam pesanan massal, dia juga menyediakan untuk tamu acara pernikahan berupa ayam Mangkus matang dalam besek. Harganya Rp 55.000 per paket. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...