Sabtu, 26 September 2020 18:41

​Ini Syarat Bepergian Melalui Terminal Bangkalan di Era New Normal

Kamis, 16 Juli 2020 19:05 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
​Ini Syarat Bepergian Melalui Terminal Bangkalan di Era New Normal
Nyono, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur. (foto: ist).

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Bagi calon penumpang yang tidak memiliki surat nonreaktif hasil rapid test atau surat bebas gejala influenza saat hendak melakukan perjalanan dalam negeri, maka keberangkatannya akan ditunda.

Hal ini disampaikan oleh Nyono, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur saat menghadiri launching Terminal Tangguh di Terminal Bangkalan, Kamis (16/7/2020).

Menurutnya, ketetapan ini sudah sesuai dengan Surat Edaran Tahun 2020 tentang perubahan atas Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

"Dalam SE tersebut bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dalam negeri, diwajibkan membawa surat keterangan hasil rapid test bila ada. Kalau tidak ada, maka harus membawa surat keterangan bebas influenza dari puskesmas setempat," jelasnya.

Oleh sebab itu, jika calon penumpang tidak bisa memenuhi syarat tersebut, maka lebih baik menunda keberangkatan hingga memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

"Kalau tidak memenuhi syarat harus ditunda keberangkatannya," ujarnya.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan agar menjadi sebuah konsekuensi, sehingga masyarakat dapat lebih disiplin.

"Seperti yang disampaikan oleh Kapolda Jatim, kalau disiplin adalah vaksin diri. Apalagi vaksin Covid-19, hingga saat ini belum ditemukan," ucapnya.

Selain itu, dia juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 lainnya seperti jaga jarak, memakai masker, serta cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sesuai dengan protokol kesehatan secara kontinyu.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Bangkalan Mohni berterima kasih kepada Dishub Pemprov Jatim atas ditetapkannya Terminal Bangkalan sebagai Terminal Tangguh Covid-19.

"Saya dan gugus tugas menyampaikan terima kasih. Terminal Tangguh ini akan menjadi upaya untuk menciptakan suasana yang tertib dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 di lingkungan terminal," tukasnya. (ida/uzi/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...