Minggu, 27 September 2020 23:09

​45 Anggota DPRD Jember Sepakat Usulkan Pemberhentian Bupati Faida

Rabu, 22 Juli 2020 16:51 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Indrawan
​45 Anggota DPRD Jember Sepakat Usulkan Pemberhentian Bupati Faida
Sidang paripurna DPRD Jember dengan agenda Hak Menyatakan Pendapat (HMP) memutuskan untuk mengusulkan pemberhentian Faida sebagai Bupati Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sidang paripurna DPRD Jember dengan agenda Hak Menyatakan Pendapat (HMP) yang dihadiri 45 orang anggota DPRD Jember, telah menyepakati secara aklamasi untuk mengusulkan pemberhentian tetap kepada Bupati Jember Faida.

Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan Hadi Supa'at mengatakan, sikap yang diambil itu setelah menilai kepemimpinan Bupati Jember Faida selama ini banyak sekali melakukan pelanggaran birokrasi. Salah satunya, penyelewengan dugaan pengadaan barang dan jasa yang semuanya sudah masuk dalam temuan dari panitia angket DPRD Jember lalu.

"Kita tidak bisa menghitung lagi pelanggaran apa saja yang sudah dilakukan olehnya. Saya sangat prihatin melihat kondisi carut marut birokrasi di Jember. Ditambah lagi banyak penyelewengan dan juga sudah melanggar sumpah janji jabatannya," kata Hadi saat membacakan pandangan fraksi, Rabu (22/7/2020).

Dengan usulan tersebut, pihaknya menjelaskan nantinya akan meneruskan hal ini ke Mahkamah Agung untuk dilakukan uji materiil guna pembuktian pemberhentian Bupati Jember sudah cukup atau tidak. "Nanti kita berikan ke MA untuk dilakukan uji pembuktian," terangnya.

Hadi juga memohon kepada pihak Aparat Penegak Hukum untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan secara serius atas pengadaan barang dan jasa di Jember yang mengakibatkan kerugian negara.

Sementara itu, pimpinan sidang Ahmad Halim menegaskan, sidang paripurna sudah diputuskan untuk melakukan HMP dengan dasar banyaknya pelanggaran yang dilakukan Bupati Faida.

"Dengan pembacaan semua pandangan Fraksi dan sudah disepakati bahwa semuanya menyatakan sepakat untuk melakukan pemberhentian kepada Bupati Jember," tegasnya.

Sesuai tata tertib DPRD, paripurna Hak Menyatakan Pendapat ini sudah memenuhi syarat, karena dihadiri lebih dari 2/3 dari total anggota dewan dan disetujui oleh minimal 2/3 anggota yang hadir. Paripurna dihadiri oleh 45 orang dari total 50 orang anggota dewan, dan seluruhnya menyetujui pemberhentian tetap Bupati Jember. (jbr1/yud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Minggu, 27 September 2020 12:13 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...