Jumat, 07 Mei 2021 22:18

​Dibuka Kembali Hari Ini, Satwa KBS Mulai Sapa Pengunjung

Senin, 27 Juli 2020 19:52 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
​Dibuka Kembali Hari Ini, Satwa KBS Mulai Sapa Pengunjung
Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Bintang Surabaya (KBS), Drs. Chairul Anwar. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejumlah pengunjung tampak memasuki area Kebun Binatang Surabaya (KBS), Senin (27/7/2020) pagi. Sebelumnya, mereka telah mencuci tangan dan cek suhu tubuh di pintu masuk KBS.

Ya, mulai hari ini, KBS telah dibuka kembali oleh Pemkot Surabaya setelah lebih kurang 4 bulan ditutup sejak 17 Maret 2020 lalu. Masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya yang kangen melihat satwa, sudah diperbolehkan untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata kebanggaan Arek-Arek Suroboyo ini.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Bintang Surabaya (KBS), Drs. Chairul Anwar, M.A.P., menuturkan bahwa tahapan awal dari dibukanya KBS di masa pandemi Covid-19 ini baru soft opening.

"Karena nanti pada saat grand opening-nya, kita nanti akan mengundang wali kota dan juga jajaran Forkopimda untuk betul-betul meresmikan. Seperti yang dilakukan oleh lembaga konservasi yang lain yang dibuka oleh pemerintah daerah," tutur Chairul, Senin (27/7/2020).

BACA JUGA : 

PSEL Benowo Jadi Pilot Project Nasional

Dipagari Tembok, Legenda Rumah Hantu Darmo Surabaya Tak Seangker Dulu

Pembunuhan Ibu Hamil oleh Suami di Surabaya, Pelaku Simpan Jasad Korban hingga Janin Keluar Sendiri

Yuk Berfoto Bersama 13 Karakter BT21 dan Brown & Friends di Pakuwon Mall

Selama grand opening sebulan ini, pihaknya menjelaskan akan melakukan evaluasi setiap saat karena ingin mengedukasi masyarakat. "Kita membuka ini (KBS) tidak semata-mata untuk kepentingan ekonomi dan profit oriented. Tapi kita berusaha untuk membantu Pemerintah Kota Surabaya khususnya, Jawa Timur dan Pemerintah Pusat pada umumnya untuk mengedukasi masyarakat," jelasnya.

Chairul menambahkan bahwa dengan adanya wabah Covid-19 ini, ternyata mau tidak mau, suka tidak suka, masyarakat dipaksa untuk menerima adanya sebuah perubahan kultur dalam kehidupan keseharian. Di mana mereka juga dipaksa untuk hidup dengan lebih bersih, sehat, disiplin terhadap aturan, dan menjaga toleransi secara etika bersama.

"Agar supaya masyarakat betul-betul memahami bahwa perubahan kultur dalam kehidupan sehari-hari juga diberlakukan di saat mereka melakukan kunjungan ke sebuah destinasi wisata, khususnya lembaga konservasi. Karena di lembaga konservasi juga ada makhluk hidup lain yaitu satwa," tambahnya.

Fifin Hariyanto, salah satu pengunjung yang berasal dari Tropodo, Kecamatan Waru, Sidoarjo mengungkapkan sangat senang sekali dengan dibukanya KBS ini. Kedatangannya bersama istri dan anaknya ini dilakukan karena atas permintaan sang buah hati.

"Ya, ini nyenengin anak karena suka lihat satwa, sudah lama tidak ke KBS. Kan juga lagi ditutup gara-gara corona," ungkapnya.

Terkait protokol kesehatan yang dijalaninya sebelum masuk ke KBS, Fifin mengaku sangat tidak keberatan. Ia menilai protokol kesehatan yang sudah diterapkan pihak KBS adalah bertujuan untuk menjaga kesehatan para pengunjung itu sendiri. "Ini bagus dan memang harus begitu untuk kesehatan semua dan diri saya sendiri juga," pungkasnya. (ian/zar)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...